Loading...

Waspadai 5 Benda Penuh Kuman Ini!

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Waspadai 5 Benda Penuh Kuman Ini!TERUSKAN.COM – Tahukah Anda bahwa kuman terdapat dimana-mana dan tidak hanya ada di tempat yang terlihat kotor?

Bahkan di tempat ataupun benda yang terlihat bersih sekalipun, dapat menyimpan banyak kuman dan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Kuman dan bakteri yang tidak terlihat ini dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya karena sentuhan dari orang yang berbeda.

Loading...

Karena setiap orang memiliki tangan dengan kondisi kebersihan yang berbeda, tak salah jika Anda patut berhati-hati akan beberapa benda yang sering digunakan bersama-sama dan berada di tempat umum.

Berikut adalah beberapa benda di tempat umum yang dipercaya mengandung banyak kuman dan bakteri.

1. Menu Restoran

Menu restoran baik yang berbentuk buku, kertas maupun lain sebagainya sering menjadi sarang kuman karena pernah dipegang oleh banyak orang.

Terlebih karena berada di tempat makan, Anda patut berhati-hati karena bisa saja kuman tersebut pindah ke makanan yang disajikan.

Selain itu, banyaknya orang yang mengunjungi restoran tersebut juga menjelaskan bahwa kuman dapat berasal dari semua orang yang datang. Terlebih jika ada orang yang sedang sakit atau tangannya tidak bersih.

Gunakan cairan pembersih tangan dari kuman dan bakteri sebelum makan, meskipun Anda menggunakan sendok garpu.

2. Irisan Lemon atau Buah lainnya Sebagai Hiasan

Mungkin Anda pernah memesan minuman dengan buah seperti stawberry, lemon, belimbing dan lain sebagainya sebagai hiasan yang diletakkan di pinggiran gelas.

Buah-buahan tersebut tak jarang sering dikonsumsi juga karena memang dapat dimakan. Tapi anda seharusnya cukup waspada karena buah-buahan tersebut memang diletakkan untuk hiasan yang artinya belum tentu buah-buahan tersebut telah dicuci.

Hindari memakan buah-buah hiasan tersebut atau sebaiknya minta kepada pelayan untuk tidak menghindangkan minuman dengan hiasan buah.

3. Saus Botolan

Saat menikmati makanan, terkadang saus maupun sambal menjadi pelengkap yang sempurna. Hal tersebut mungkin benar, namun belum tentu bersih dari kuman.

Saus yang sering dimasukkan secara berulang-ulang dalam botol sering menjadi sarang kuman karena botol tidak pernah dicuci.

Selain itu, saus yang digunakan bersama-sama juga lebih beresiko mengandung banyak kuman karena bisa terkena makan yang sebagian telah dimakan orang lain.

Ditambah lagi dengan botol saus terbuka yang dapat menyebabkan kuman dari luar masuk ke dalam saus.

4. Pintu Toilet

Pegangan pintu toilet juga merupakan salah satu benda di tempat umum yang menyimpan banyak kuman.

Hal ini dikarenakan tidak semua orang yang masuk memiliki tangan yang bersih. Begitu juga seusai dari toilet ada beberapa orang yang belum mencuci tangannya.

Sebaiknya gunakan tisu untuk membuka gagang pintu atau bersihkan lagi tangan anda dengan cairan pembersih tangan seusasi membuka pintu.

5. Tombol Lift

Ya, tak banyak orang yang mengira bahwa tombol lift juga merupakan salah satu benda di tempat umum yang banyak mengandung kuman dan bakteri.

Hal ini karena jumlah orang yang banyak yang pernah memencet tombol lift, dan selalin itu, tombol lift juga termasuk yang jarang dibersihkan.

Sebaiknya sediakan selalu cairan antiseptik setelah menekan tombol lift, atau gunakan tissue untuk menekannya.

***

Itulah beberapa benda di tempat umum yang ternyata mengandung banyak bakteri dan kuman yang juga dapat menjadi penyebab terganggunya kesehatan. Selalu jaga kebersihan tangan Anda.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.memobee.com)