Loading...

Resep Aneka Jus Anti-Kolesterol

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Resep

TERUSKAN.COM – Tahukah Anda, buah merupakan salah satu jenis makanan yang paling menguntungkan manusia, karena kandungan gizi yang tinggi didalamnya?

Pada kesempatan ini, kita akan mencoba berbicara tentang nilai gizi dan keuntungan yang dapat Anda manfaatkan dari segelas jus buah segar.

Resep Aneka Jus Anti-Kolesterol

Loading...

Misalnya saja buah jeruk. Jeruk merupakan buah yang bercita rasa paling lezat dan memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan dan usia, orang tua, dewasa, remaja maupun anak – anak.

Nutrisi menyehatkan di dalam buah jeruk ampuh digunakan sebagai media guna mencegah dan membantu melawan berbagai penyakit, seperti jantung, kanker dan gangguan pencernaan. Di samping itu, jus buah segar juga baik untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

Nah, cobalah beberapa resep jus buah anti-kolesterol berikut, tentunya dapat Anda praktekkan setiap hari di rumah. Segelas jus segar dengan rasa nikmat dan menyehatkan.

1. Kombinasi jus buah nanas, jeruk dan sayur daun sawi hijau

Sediakan bahan-bahan dasar seperti 200 gr nanas, 100 gr sawi hijau, 50 ml sirup orange, 1 buah jeruk nipis, ambil airnya dan 250 gr es serut/es batu. Hiasan : 50 gr nanas, potong bentuk kipas.

Cara membuat: masukkan semua bahan-bahan ke dalam blender, lalu haluskan sampai berbentuk jus atau pasta halus. Tuang ke dalam gelas cantik, beri irisan nanas sebagai hiasan di atasnya. Sajikan untuk 2 gelas.

2. Es lemon cui

Bahan yang dibutuhkan: 5 buah jeruk lemoncui, 50 ml simple syrup, 250 ml air, kiamboy merah kering dan es batu secukupnya.

Cara membuat: peras air buah jeruk lemoncui, campur dengan 1 sdt air kulit jeruk, simple syrup, air, lalu blender hingga halus. Tuangkan ke dalam gelas saji. Selanjutnya dapat Anda tambahkan dengan es batu dan kiamboy merah. Sajikan dalam 1 gelas.

3. Air mata kucing

Bahan yang dibutuhkan: 150 gr kelengkeng kering, 1 liter air, 100 ml simple syrup dan es batu secukupnya.

Cara membuat: didihkan air, masukkan buah kelengkeng kering, rebus sampai kelengkeng mekar. Setelah matang, dinginkan air. Masukkan air rebusan kelengkeng ke dalam gelas, beri es batu dan simple syrup. Terakhir masukkan buah kelengkeng, sajikan.

4. Kombinasi jus buah dan sayur segar

Bahan yang dibutuhkan: 1 bit ( kupas dan potong ), 2-3 wortel ( kupas dan potong ), 1 apel (kupas dan potong), 1 cm jahe ( kupas ), 1 sdt bubuk lada hitam, es batu secukupnya.

Cara membuat: masukkan bit, wortel, jahe dan apel ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya lalu haluskan dengan menggunakan blender. Saring jus dengan memakai saringan. Taburkan bubuk lada hitam di atasnya. Aduk rata, dan tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan es, dapat Anda konsumsi dalam keadaan dingin atau segar.

5. Jus buah segar

Bahan yang dibutuhkan: 2 buah jeruk ( kupas dan pisahkan dari kulit dan bijinya), 120 gr pepaya (kupas dan potong), 2 buah pisang (kupas dan potong), es batu secukupnya.

Cara membuat: blender jeruk, pepaya dan pisang secara bersamaan. Tambahkan air secukupnya, saring. Tuang ke dalam gelas. Tambahkan es dan sajikan segera untuk keluarga tercinta.

Selamat mencoba!

(photo: thehealthsite.com)