Loading...

Tips Memilih Bantal Tidur yang Tepat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Tips Memilih Bantal Tidur yang TepatTERUSKAN.COM – Tidur nyenyak pada malam hari penting untuk menjaga Anda tetap sehat.

Ketika tidur, tubuh akan rileks dan otot-otot akan lebih tenang, karena itu posisi tidur yang tepat dapat menurunkan tingkat stress bahkan berat badan Anda sekalipun.

Namun, beberapa orang mengalami kesulitan tidur atau tidak nyaman saat tidur di malam hari. Jika Anda adalah salah satunya, mungkin saja penyebabnya karena posisi tidur yang tidak tepat, seprei yang tidak nyaman atau untuk kemungkinan terbesar: bantal tidur tidak memberikan posisi nyaman untuk Anda.

Loading...

Nah, berikut kami berikan tips bagaimana memilih bantal tidur yang nyaman, sehingga membantu Anda tidur dengan nyenyak.

1. Penggunaan Bantal

Hal penting pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan sebanyak apa bantal yang diperlukan saat akan tidur.

Sebagian orang akan lebih mudah tidur dengan menggunakan dua bantal. Namun sebagiannya lagi lebih nyaman menggunakan satu bantal atau bahkan sama sekali tidak menggunakan bantal saat tidur.

2. Posisi Tidur

Posisi tidur Anda dapat menentukan jenis bantal apa yang harus dipilih. Jika Anda tidur telentang, maka Anda mungkin cenderung membutuhkan bantal yang berbahan busa. Bantal jenis busa akan mendukung kepala Anda saat berbaring.

Jika Anda lebih memilih untuk tidur tengkurap, maka menggunakan bantal yang lembut dan datar menjadi pilihannya. Hal ini dikarenakan tidur tengkurap membuat Anda lebih sering memutar leher. Karena itu, bantal berbahan lembut dapat mengurangi ketegangan saat tidur.

3. Bahan Bantal

Di pasaran saat ini, Anda dapat menemukan segala macam isi bantal mulai dari yang berbahan kapok, dan bulu. Bahan dari bantal inilah yang akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Misalnya saja untuk bantal yang berbahan bulu. Bantal yang berisi bulu akan memberikan kualitas tidur yang jauh lebih baik karena sangat lembuk dan empuk.

Tetapi jika Anda alergi terhadap bulu, bantal berbahan sintetis merupakan alternatif lain yang akan membantu.  Bantal ini terbuat dari polimer sintetis dan serat dan datang dalam berbagai ukuran, bentuk dan struktur.

4.  Bantal Busa Memori

Anda mungkin pernah mendengar tentang kasur busa memori, tetapi apakah Anda tahu saat ini juga telah beredar bantal busa memori?

Untuk bantal jenis ini Anda tidak lagi harus terus menepuk-nepuk bantal. Bantal jenis busa ini akan mengikuti bentuk kepala Anda. Bagi mereka yang menderita sakit leher atau sakit punggung bantal busa akan sangat membantu. Bantal busa akan membantu Anda menjaga leher menyesuaikan dengan tulang belakang .

Untuk jenis bantal yang memiliki kesamaan dengan bantal gabus memori ini, Anda dapat mencoba bantal soba. Bantal ini terbuat dari sekam gandum yang akan meluncur dari satu sisi ke sisi lainnya sehingga akan melakukan penyesuaian sesuai dengan posisi tidur Anda.

Anda dapat menemukan bantal yang tepat berdasarkan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda . Ingat, bantal yang tepat bisa membantu Anda mendapatkan tidur lebih baik.

Semoga bermanfaat.