Loading...

Inilah Manfaat Toner Wajah dan Cara Pemakaiannya

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Inilah Manfaat Toner Wajah dan Cara PemakaiannyaTERUSKAN.COM – Membersihkan, merawat dan melembabkan. Itulah hal yang ingin para wanita rasakan pada kulit mereka.

Banyak jenis perawatan yang dapat Anda lakukan, sebut saja dengan menggunakan produk kecantikan sederhana bernama toner.

Toner dapat dikatakan sebagai pembersih wajah ringan yang akan memberikan 3 manfaat pada kulit wajah sekaligus.

Loading...

Namun, beberapa orang masih ragu akan kandungan bahan dan efek apa yang akan diberikan dari penggunaan toner pada kulit wajah. Amankah menggunakannya? Apakah tidak akan membuat kulit menjadi kering? Atau bahkan memberikan efek ketergantungan?

Sebelum Anda mengkhawatirkan itu semua, ada baiknya untuk mengetahui manfaat dan efek dari penggunaan toner untuk kulit wajah berikut ini:

Manfaat Toner Untuk Wajah

Untuk manfaat, pastinya toner akan memberikan kelembaban dan membuat kulit terasa bersih. Namun masih ada beberapa manfaat lain dari toner, diantaranya:

1. Membantu menstabilkan pH kulit yang akan terganggu akibat mencuci wajah atau penggunaan pembersih lainnya.

2. Meminimalkan ukuran pori-pori dengan penggunaan yang tepat, yaitu menepuk-nepukkan toner pada wajah dengan menggunakan telapak tangan.

3. Memberikan perlindungan dengan mengangkat mineral yang terdapat pada air saat Anda membersihkan wajah.

4. Bertindak sebagai humektan, yaitu mengunci kelembaban sehingga mengurangi kekeringan saat kulit terkena sinar matahari.

Tips: Toner sebaiknya Anda gunakan saat musim panas karena akan membuat kulit lembab. Hindari menggunakan toner pada musim dingin karena hanya akan membuat kulit yang kering menjadi lebih terasa kaku.

Setelah mengetahui manfaat dari toner, saatnya untuk mengulas seberapa pentingnya menggunakan toner pada wajah Anda.

Penggunaan toner sangatlah penting karena selain menjaga kelembaban kulit, toner juga menjauhkan Anda dari  risiko berjerawat dan keriput, untuk penggunaan toner jangka panjang.

Meskipun beberapa jenis toner akan membuat kulit terasa sedikit kering dan kesat, namun menggunakan pelembab yang tepat setelah penggunaan toner akan membantu menjaga kelembaban kulit wajah Anda.

Disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan merek yang sama untuk hasil yang lebih optimal. Atau menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di dapur rumah Anda.

Tips Pemakaian

1. Bagi yang menggunakan makeup setiap hari

Bagi mereka yang senang memakai makeup setiap hari, sebelum menggunakan toner ada baiknya membersihkan wajah secara keseluruhan untuk memastikan semua makeup telah bersih dan tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah.

Pori-pori kulit wajah tersumbat dapat menyebabkan masalah seperti jerawat.

2. Bagi yang tidak menggunakan makeup

Sedangkan untuk Anda yang tidak menggunakan makeup dalam keseharian, dapat menggunakan toner sekali sehari guna menghilangkan kotoran dan debu, serta merevitalisasi kulit.

Untuk Anda yang  tidak dapat menggunakan toner karena efek pengeringannya pada kulit wajah terlalu mengganggu, Anda dapat membuat toner dari irisan mentimun (atau jus mentimun), air mawar, jus lemon dengan menggunakan kapas bola yang sudah dibasahi.

Anda juga dapat menggunakan irisan tomat atau es batu sebagai toner.

Itulah beberapa manfaat dan penjelasan mengenai pentingnya penggunaan toner untuk kulit wajah Anda. Untuk efek kering yang dirasakan, beberapa jenis kulit akan merasakan dampak yang berbeda-beda. Karena itu untuk mengatasinya, gunakan pelembab.

Untuk pemilihan produk toner, pastikan toner yang Anda beli memiliki review yang bagus dan tidak mengandung banyak bahan berbahaya.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://sassydove.com)