Loading...

5 Pola Pikir yang Menghambat Kreativitas

Penulis: Nila Rubrik: Dunia Karir

5 Pola Pikir yang Menghambat KreativitasTERUSKAN.COM – Kita memang harus selalu berpikir kreatif. Saat menghadapi masalah, kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari solusi.

Sama halnya ketika hendak menjalankan bisnis besar, kita membutuhkan kreativitas untuk menciptakan produk inovatif dan cara-cara pemasaran yang jitu.

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan tetap, akan berlaku kondisi yang sama.

Loading...

Perusahaan Anda tentu membutuhkan karyawan yang mampu berpikir kreatif, dapat memberikan ide-ide inovatif untuk kemajuan bisnis.

Beberapa pakar ekonomi bahkan mengatakan bahwa ide adalah uang. Jika Anda membiasakan diri selalu berpikit kreatif, maka Anda akan lebih mudah menghasilkan ide cemerlang.

Lalu, bagaimana cara melatih otak supaya bisa berpikir kreatif? Hindarilah 5 pola pikir yang dapat menghambat kreativitas ini:

1. Rasa Bosan

Merasa cepat lelah dan bosan adalah suatu kondisi yang identik dengan berhenti melakukan suatu aktivitas yang seharusnya segera untuk diselesaikan.

Dimana sebenarnya Anda dapat dengan mudah menggali lebih banyak potensi diri dan menemukan ide kreatif dari hal-hal yang sebelumnya tidak pernah Anda duga ketika rasa lelah dan bosan menghampiri.

2. Perasaan Benci

Kata benci memiliki sifat sangat kuat. Sekali Anda memikirkannya, otak akan secara otomatis menolak atau mengelak terhadap hal-hal yang sudah tersusun rapi ke dalam kategori benci.

Sebaiknya katakanlah bahwa Anda kurang tertarik, lalu temukan solusi terhadap hal-hal yang mampu menarik perhatian Anda untuk memunculkan ide-ide kreatif.

3. Merasa Tidak Bisa

Jangan pernah berkata tidak bisa saat akan berusaha untuk melakukan sesuatu. Sekali anda menanamkan pola pikir jelek seperti ini, tubuh secara otomatis akan menolak segala hal yang berhubungan dengan usaha Anda untuk mewujudkan hal tersebut.

Katakan atau pengaruhi pola pikir Anda bahwa Anda pasti bisa melakukannya demi mendapatkan atau meningkatkan kepercayaan diri.

4. Tidak Punya Waktu 

Sesungguhnya mereka yang merasa cepat kehabisan waktu dan menganggap bahwa 24 jam adalah terlalu singkat untuk menjalani aktivitas atau kegiatan sehari-hari seperti di sekolah atau kantor, adalah sekelompok orang yang gagal dalam membagi waktunya sendiri.

Jadi usahakan untuk menghindari pola pikir tentang keterbatasan waktu ketika akan menjalankan atau melakukan sesuatu.

5. Tidak Merasa Salah

Memang jarang dan sulit bagi seseorang untuk secara gamblang mengakui kesalahan yang telah mereka perbuat. Tetapi apabila Anda tidak pernah mengakui kesalahan yang pernah Anda perbuat di masa lalu, maka selamanya Anda akan terjebak di dalam perasaan yang kurang nyaman atau tidak sehat.

Hal ini akan berpengaruh besar terhadap kreativitas dan pola pikir Anda untuk kemajuan diri sendiri karena Anda gagal dalam berpikir secara jernih.

Itulah 5 garis besar tentang pola pikir manusia yang bisa menghambat kreativitas kerja otak. Usahakan untuk menghilangkan atau mengurangi 5 kebiasaan buruk tersebut dari dalam kepala Anda untuk meraih kesuksesan hidup di masa depan.

(photo: innovation.govspace.gov.au)