Loading...

7 Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir, Kesehatan

7 Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar KomputerTERUSKAN.COM – Komputer saat ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Baik di rumah maupun di tempat kerja, komputer seakan menjadi salah satu barang yang selalu berada di depan kita.

Terutama bagi Anda yang bekerja kantoran, mungkin dalam sehari seluruh waktu bekerja anda 90% digunakan dengan menatap layar komputer. Menatap layar komputer secara berlebihan dan terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah.

Beberapa gejalanya adalah mata merah, berair, perih, hingga gejala pada anggota tubuh lain seperti kepala pusing dan mual. Ya, semua hal tersebut dapat terjadi akibat menatap layar komputer terlalu lama.

Loading...

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata lelah akibat menatap layar komputer terlalu lama? Berikut tips dari kami:

1. Beristirahat Sejenak

Waktu istirahat di kantor, itu adalah salah satu kesempatan Anda untuk beristirahat pula dari menatap layar komputer. Dalam hal ini, mata Anda butuh istirahat. Usahakan tidak menghabiskan waktu istirahat untuk menatap layar perangkat elektronik lainnya seperti telepon genggam dan lain sebagainya.

Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak, atau melihat pemandangan hijau di sekitar misalnya.

2. Memejamkan Mata Sejenak

Saat berada di depan layar komputer dan mata Anda terasa lelah, pejamkan mata sejenak untuk memberi efek rileks pada mata sebelum kembali menatap layar komputer.

Cara lainnya adalah dengan mengedipkan mata cukup sering agar mata Anda tidak kering.

3. Memberi Jarak dengan Layar Komputer

Salah satu penyebab mata lelah adalah jarak dengan layar komputer yang cukup dekat sehingga mata lebih mudah terkena sinar dari layar dan menjadi lelah. Beri jarak antara mata Anda dengan layar komputer untuk mengatasinya.

4. Menggunakan Tetes Mata

Jika Anda bekerja di dalam ruangan ber-AC, mata Anda juga dapat menjadi lelah karena faktor lain yaitu AC yang dapat membuat mata kering dan akhirnya lelah.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi tetes mata sesekali untuk mencegah mata kering.

5. Mengendurkan Otot Mata

Salah satu penyebab mata lelah adalah otot pada mata yang tegang. Anda dapat mencoba cara mudah yang satu ini, yaitu dengan menggosok-gosokkan kedua tangan Anda sehingga terasa sedikit hangat.

Letakkan langsung di atas area mata Anda, biarkan perlahan dan rasakan sensasi hangat dari kedua telapak tangan Anda.

Cara ini dapat mengendurkan otot mata sehingga mata tidak lelah.

6. Memijat Area Mata

Cara lain untuk mengendurkan otot mata adalah dengan cara memijat area sekitar mata. Caranya cukup mudah yaitu dengan memberikan pijatan lembut pada area mata seperti kelopak mata, bagian mata di bawah alis dan bagian bawah mata.

Anda juga dapat memijatnya secara melingkar sekitar 2 menit untuk hasil yang maksimal.

7. Kaca Mata Anti Silau

Cara yang satu ini dapat membantu Anda, baik Anda yang menggunakan kacamata atau tidak. Pilih kacamata dengan lensa anti silau dan anti radiasi cahaya komputer yang saat ini sudah tersedia di beberapa gerai kacamata.

***

Itulah 7 tips mengatasi mata lelah karena layar komputer. Tetap jaga kesehatan mata Anda. Semoga bermanfaat.

(photo: healthland.time.com)