Loading...

Mandi untuk Hilangkan Stres? Ini Tipsnya!

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan, Wanita

Mandi untuk Hilangkan Stres? Ini Tipsnya!TERUSKAN.COM – Setiap orang memiliki beragam cara untuk menghilangkan stres.

Stres memang selalu dikaitkan dengan aktivitas atau kejadian yang tidak menyenangkan dan menyebabkan seseorang merasa tidak bahagia dan gelisah, yaitu stres.

Stres rata-rata disebabkan oleh ketidaknyamanan dari aktivitas sehari-hari atau hal-hal yang rutin Anda lakukan dan tidak memberikan kebahagiaan untuk Anda.

Loading...

Bagi orang yang sudah bekerja, aktivitas rutin di tempat kerja dapat menjadi salah satu sebab timbulnya stres. Begitu pula bagi orang yang banyak memiliki urusan padat, entah itu di luar pekerjaan yang menuntut banyak energi dan pikiran.

Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menghilangkan stres biasanya berkaitan dengan aktivitas releksasi seperti spa, pijat, bepergian dan lain sebagainya.

Namun beberapa aktivitas tersebut tidak dapat dilakukan setiap hari dan tentu mengeluarkan biasa yang tidak sedikit.

Mandi dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghilangkan stres, selain manfaat utamanya untuk membersihkan tubuh.

Berikut adalah tips dan cara menghilangkan stres dengan mandi yang dapat anda coba di rumah.

1. Air Hangat atau Air Dingin

Sebagian besar orang mengatakan bahwa cara paling tepat menghilangkan stres ialah mandi dengan air dingin.

Padahal, air hangat atau air dingin sama-sama dapat menghilangkan kepenatan meski efek yang diberikan  berbeda.

Air dingin memberikan efek untuk menambah energi dan semangat, sedangkan air hangat memberi sensasi rileks dan cocok dilakukan sebelum tidur.

2. Berendam, Shower atau Mandi Biasa?

Berendam memang salah satu cara mandi yang paling nikmat dan memberikan sensasi rileks. Namun, cara mandi lainnya juga dapat memberikan efek yang sama.

Berendam cocok bagi Anda yang ingin mandi dengan air hangat karena merendam tubuh dalam air hangat beberapa saat dapat mengatasi rasa lelah dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Shower juga tepat jika anda ingin merasakan efek pijatan dari siraman air terutama pada area belakang leher, pundak dan punggung.

Mandi biasa dengan menggunakan gayung juga dapat memberikan efek segar dan memberi semangat, terutama di pagi hari.

3. Minyak Esensial

Minyak esensial banyak digunakan sebagai ‘teman’ aktivitas mandi untuk menghilangkan stres. Bagaimana caranya?

Anda dapat mencampurnya kedalam air rendaman yang Anda gunakan untuk mandi. Minyak esensial selain dapat menghilangkan stres dengan aromanya yang wangi, juga dapat melembutkan kulit dari rasa kering setelah mandi.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memijat tubuh dengan minyak tersebut lalu bilas bersih saat mandi.

4. Temani dengan Musik

Musik saat mandi dapat memberikan sensasi mandi yang sangat menyenangkan. Putarlah musik saat Anda mandi dengan memilih jenis musik yang tentunya Anda sukai.

Tak salah jika beberapa orang meletakkan CD/MP3 player dalam kamar mandi. Anda juga dapat menggunakan telepon genggam Anda untuk memutar musik.

5. Padukan dengan Perawatan Lain

Mandi tidaklah harus sesederhana dengan menggunakan sabun. Anda juga dapat memadukannya dengan perawatan tubuh lainnya untuk menghilangkan stres seperti masker rambut, lulur dan lain sebagainya.

***

Dengan beberapa tips di atas, Anda dapat menghilangkan stres dengan cara sederhana dan efektif yaitu melalui mandi. Semoga bermanfaat.

(photo: whattheflicka.com)