Loading...

Tips Praktis Merawat Rambut Keriting

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Rambut ikal atau keriting merupakan salah satu jenis rambut yang dewasa ini banyak diminati oleh kaum wanita karena menimbulkan kesan seksi.

Apalagi jika Anda tahu bagaimana cara perawatan yang tepat untuk rambut keriting, tentunya penampilan Anda akan semakin eksotis nan alami, terutama saat dibiarkan tergerai.

Tips Praktis Merawat Rambut Keriting

Loading...

Ada beberapa cara alami untuk melakukan perawatan rambut keriting agar memiliki  tekstur halus dan lembut. Terlebih lagi, Anda bisa melakukannya di rumah saja, sehingga tak ada alasan untuk mengeluhkan kondisi rambut ikal atau keriting yang sering menimbulkan masalah buruk seperti terlalu mengembang dan kasar.

Nah, berikut tips praktis untuk merawat rambut keriting. Simak yuk!

1. Menggunakan Cuka Apel

Cobalah lakukan perawatan rambut keriting Anda dengan menggunakan cuka apel.

Pakailah cuka apel dengan takaran 1 sendok makan cuka apel dalam seember air hangat-hangat kuku. Gunakan untuk membersihkan rambut seperti berkeramas biasa tanpa shampoo (namun pastikan sebelumnya Anda telah berkeramas secara normal). Lalu biarkan rambut sampai kering.

Ini merupakan salah satu cara ampuh yang mudah dilakukan untuk perawatan rambut keriting agar lebih lembut, karena cuka bisa membersihkan kutikel pada kulit kepala Anda.

2. Menggunakan Panas Rendah

Mengeringkan rambut yang ikal atau keriting alami haruslah menggunakan temperatur yang rendah.

Dengan cara ini, rambut Anda tetap terjaga kelembutannya dan tidak mudah rusak atau pecah-pecah dan berubah warna menjadi kecoklatan. Rambut keriting atau ikal tetap terlihat eksotis dan cantik apabila perawatannya dilakukan dengan cara yang tepat, benar serta teratur.

3. Jangan Sentuh

Saat Anda memakai salah satu produk seperti krim pelembut rambut keriting, gel atau mousse, ikutilah peraturan yang sudah ditentukan, putar dari bagian tengah kepala sampai ke bagian ujung rambut.

Ketika rambut mulai kering, Anda boleh mengoleskan serum silikon pada ujung rambut saja sebagai media untuk melembutkan rambut keriting dan membuatnya menjadi semakin berkilau. Setelahnya biarkan rambut tergerai satu hari (tentunya di hari libur), jangan disentuh lagi untuk menghindari kondisi rambut bertambah kusut.

4. Jaga kelembaban

Jika Anda memiliki rambut keriting, Anda harus lebih telaten dalam menjaga kelembaban rambut.

Supaya rambut keriting Anda menjadi lebih halus dan lembut, pakailah perawatan deep conditioning dua kali sebulan secara rutin. Apabila rambut Anda dari jenis kering keriting, janganlah terlalu sering berkeramas, usahakan hanya dua kali dalam seminggu.

Rambut keriting memiliki beragam jenis dan macam, misalnya saja keriting besar, keriting ikal sampai keriting yang melingkar seperti sosis.

Namun seperti halnya pada sebagian besar rambut, rambut keriting bisa bertekstur sangat baik apabila Anda rutin melakukan perawatan seperti yang tersebut di atas.

Selamat mencoba!

(photo: www.blogcdn.com)