Loading...

Kenali 8 Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Kenali 8 Manfaat Mandi dengan Air DinginTERUSKAN.COM – Mandi merupakan salah satu aktivitas wajib harian yang kita lakukan.

Mandi selain untuk membersihkan tubuh dari debu dan kotoran setelah seharian beraktivitas, juga dapat memberikan efek segar dan menghilangkan penat.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mandi yang paling menyenangkan dan banyak manfaat adalah mandi dengan air hangat. Benarkan demikian?

Loading...

Mandi dengan air hangat memang memberikan sensasi menenangkan, terutama saat kita lakukan setelah seharian beraktivitas maupun sebelum tidur.

Tapi tahukan Anda bahwa mandi dengan air dingin juga menyimpan banyak manfaat? Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dengan mandi air dingin.

1. Menyembuhkan Pilek

Saat Anda terkena pilek, mungkin Anda beranggapan bahwa mandi dengan air hangat adalah solusinya. Padahal, menurut sebuah penelitian kesehatan, mandi air dinginlah yang justru dapat menyembuhkan pilek.

Hal ini karena tubuh membutuhkan sesuatu yang dapat mendinginkan panas dalam tubuh ketika seseorang terserang pilek.

Ketika pilek panas dalam tubuh meningkat dan ketika Anda mandi dengan air dingin, tubuh Anda tidak lagi terasa pengap karena pengap akan semakin memperparah pilek Anda.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mungkin sulit dipercaya, bagaimana mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan.

Menurut sebuah penelitian kesehatan, air dengan suhu dingin dapat membantu merangsang produksi lemak coklat. Lemak coklat disebutkan mampu membantu membakar kalori di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pada beberapa orang yang terkena gangguan kesehatan berupa penyakit pembekuan darah, sering-seringlah mandi dengan air dingin karena dapat membantu mengatasi penyakit Anda.

Hal ini dapat terjadi karena air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga secara berangsur-angsur dapat mengatasi penyakit pembekuan darah.

4. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat selanjutnya dari mandi dengan air dingin adalah meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini karena suhu dingin dalam air dapat membantu mengatur agar suhu tubuh Anda kembali normal.

Proses mengatur suhu tubuh kembali normal ini membutuhkan kalori sehingga sistem metabolisme tubuh pun dapat meningkat.

5. Menyembuhkan Depresi

Adakah hubungan antara mandi dengan air dingin dan menyembuhkan depresi atau rasa cemas berlebih? Ya, tentu saja.

Banyak yang mengatakan bahwa mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh terasa lebih rileks. Memang benar. Namun, mandi dengan air dingin dapat membantu mendinginkan kepala dan otak Anda sehingga membantu mengurasi rasa depresi.

6. Menghindarkan Tubuh dari Dehidrasi

Pada musim kemarau seperti saat ini, suhu udara meningkat dan dapat membuat Anda berkeringat lebih banyak.

Keringat yang keluar dari tubuh tentu sebaiknya diganti dengan asupan mineral yang cukup agar tidak dehidrasi.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah mandi dengan air dingin karena suhu dingin dalam air dapat membantu menormalkan suhu tubuh  sehingga dapat mengurangi resiko dehidrasi.

7. Menyehatkan Pernapasan

Mandi dengan air dingin dipercaya dapat membantu ‘membuka’ paru-paru Anda sehingga Anda dapat bernapas lebih baik dan lebih sehat.

8. Meningkatkan Energi

Tentu saja, manfaat yang satu ini sangat terasa terutama ketika anda merasa mengantuk saat bangun tidur, mandi dengan air dingin dapat memberikan efek ‘kejutan’ sehingga tubuh terasa lebih berenergi.

***

Itulah 8 manfaat dari mandi dengan air dingin. Semoga bermanfaat.

(photo: www.pouted.com)