Loading...

Waspadai 6 Makanan Penyebab Kanker ini!

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Waspadai 6 Makanan Penyebab Kanker ini!TERUSKAN.COM – Di jaman sekarang ini, hampir semua orang ingin menemukan cara untuk hidup sehat.

Perubahan gaya hidup yang semakin hari semakin buruk menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan.

Gaya hidup yang buruk tersebut dikhawatirkan dapat menjadi penyebab utama penyakit berat seperti kanker.

Loading...

Beberapa ciri gaya hidup yang tidak sehat adalah pola tidur yang tak lagi teratur, kurangnya olahraga, merokok hingga asupan makanan maupun minuman yang tidak sehat. Hal tersebut secara perlahan namun pasti dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang tidak dinginkan, terutama kanker.

Dari beberapa ciri gaya hidup yang tidak sehat tersebut, konsumsi makanan yang tidak sehat adalah yang paling sering terjadi.

Mau tau beberapa makanan yang disebut sebagai penyebab kanker? Berikut ulasannya.

1. Makanan Kaleng

Sejak lama makanan kaleng banyak dikonsumsi karena praktis dan terkadang tak perlu dimasak. Terutama bagi Anda yang tidak suka memasak atau tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, tak jarang makanan kaleng menjadi salah satu yang sering dikonsumsi.

Akan tetapi, mengonsumsi makanan kaleng secara berlebih dapat memicu potensi penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena makanan dalam kaleng mengandung zat pengawet yang dapat menumbuhkan sel kanker dalam tubuh Anda.

Selain itu, bahan kimia yang terdapat pada kaleng pelapis makanan tersebut juga disebutkan dapat mempengaruhi gen kanker dalam tubuh Anda.

2. Popcorn

Siapa yang tak suka popcorn? Kudapan yang satu ini memang lezat dan mudah dibuat. Akan tetapi, sebuah situs kesehatan menyebutkan bahwa jika popcord diolah menggunakan microwave, dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit kanker seperti kanker hati, kanker testis dan kanker pankreas.

3. Daging Olahan

Daging olahan banya dikonsumsi dalam rumah tangga baik oleh anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang lezat dan juga praktis untuk memasaknya.

Akan tetapi, daging olahan juga disebut mengandung sodium nitrat didalamnya yang dapat meningkatkan resiko tumbuhkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, daging olahan dengan kandungan garamnya yang tinggi juga disebut dapat memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Daging Merah

Daging merah juga merupakan salah satu makanan yang disebut sebagai pemicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Manfaat kandungan protein dalam daging merah memang dibutuhkan. Akan tetapi dengan konsumsi yang berlebihan, daging merah dapat memicu terjadinya kanker usus besar.

Untuk mengurangi resikonya, Anda dapat memilih daging merah dengan lemak yang sedikit. Beberapa penyakit kanker lainnya yang disebutkan dapat disebabkan oleh konsumsi daging merah berlebih adalah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

5. Tepung

Sebagian besar makanan yang sering kita konsumsi memang mengandung tepung. Namun jika kita mengonsumsinya secara berlebihan, hal tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan indeks glikemik yang tinggi dalam tepung yang dapat menumbuhkan sel kanker dalam tubuh.

6. Keripik Kentang

Keripik kentang merupakan salah satu kudapan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Akan tetapi beberapa kandungan yang terdapat didalamnya seperti lemak, kalori, bahan pengawet, penyedap buatan, natrium, dan bahan kimia lainnya dapat menjadi salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker.

***

Dari penjelasan 6 jenis makanan tersebut, kita dituntut untuk lebih bijak dan hati-hati dalam memilih makanan agar terhindari dari penyebab penyakit kanker. Semoga bermanfaat.

(photo: beactivedecatur.files.wordpress.com)