Loading...

Ini 7 Alasan Mengapa Bayi Menangis di Malam Hari

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

TERUSKAN.COM – Bayi memang sering menangis di malam hari, bahkan di jam-jam saat orangtuanya sudah terlelap. Hal ini terkadang mengganggu, terlebih jika bayi tetap menangis meskipun beberapa cara sudah dilakukan untuk tidak membuatnya terus menangis.

Ada beberapa alasan mengapa bayi sering menangis di malam hari. Berikut adalah ulasannya agar Anda mengetahui penyebab bayi menangis dan dapat mengatasinya.

Ini 7 Alasan Mengapa Bayi Menangis di Malam Hari

Loading...

1. Sakit

Sakit adalah salah satu penyebab mengapa bayi menangis di malam hari. Sakit ini tidak selalu berupa tanda atau ciri yang mudah terlihat, namun juga yang tidak terlihat.

Anda dapat mengecek apakah badan bayi panas, ada beberapa anggota tubuhnya yang terlihat merah atau ciri ganjil lainnya yang mengindikasikan bayi sakit.

Lakukan tindakan pertama saat sakit dengan beberapa obat untuk bayi yang Anda miliki, atau segera bawa ke dokter dan rumah sakit terdekat untuk mencegah sakit yang semakin buruk.

2. Buang Air Besar atau Kecil

Penyebab kedua adalah buang air, baik buang air besar maupun kecil. Hal ini dapat membuat bayi merasa tidak nyaman.

Segera cek popok bayi apakah dia telah buang air. Segera ganti dengan popok yang baru dan pastikan pantat maupun kemaluan bayi bersih sehingga tidak menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan lain sebagainya.

3. Lapar

Penyebab yang satu ini sering terjadi saat bayi menangis. Ya, karena lapar. Meskipun bayi telah diberi makan beberapa jam sebelumnya, kondisi bayi yang berbeda-beda dapat menjadi penyebab ada yang mudah lapar dan ada yang tidak.

Terutama jika Anda masih menyusui bayi, pastikan Anda tidak lupa akan jadwal menyusui karena bayi dapat mengingat kapan ia butuh ASI.

4. Membutuhkan Ibu

Bayi sangat peka akan keberadaan sang ibu. Itu sebabnya jika bayi tidur tidak di sebelah Anda, ketika terbangun dan tidak menemukan Anda disebelahnya, ia akan merasa tegang, cemas dan menangis mencari Anda.

Terkadang hanya dengan berada di sebelah bayi, bayi akan berhenti menangis karena telah merasa aman.

5. Ingin Perhatian

Tak jauh berbeda dengan alasan ke-4, bayi juga terkadang hanya ingin perhatian lewat dekapan, gendongan, ciuman dan lain sebagainya.

Cobalah dengan menyentuh tubuh bayi, mengusap punggung maupun dadanya atau memeluknya, karena ia ingin perhatian.

6. Suara Gaduh

Ada beberapa bayi yang sangat sensitif terhadap suara yang tidak hanya bising, namun menakutkan mereka.

Jika bayi kerap menangis, coba perhatikan apakah ada suara gaduh seperti suara televisi, bunyi-bunyian yang membuat bayi merasa takut dan lain sebagainya.

Sebagai cara untuk mengatasinya, Anda dapat memutar lagu-lagu tidur adalah memutar musik yang menenangkan.

7. Lelah

Alasan yang satu ini cukup sulit diatasi, karena bahkan saat lelah, bayi sulit untuk tidur dan kerap menangis.

Anda dapat melakukan beberapa cara seperti mengusap tubuhnya, menyanyikan lagu pengantar tidur dan lain sebagainnya agar bayi segera terlelap.

***

Itulah 7 alasan mengapa bayi menangis di malam hari. Bayi menangis merupakan cara untuk menunjukkan ketidaknyamanan dirinya terhadap sesuatu.

Semoga bermanfaat.