Loading...

Nikmatnya Secangkir Teh Lidah Buaya

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Resep

Nikmatnya Secangkir Teh Lidah BuayaTERUSKAN.COM – Jika Anda adalah salah seorang pecinta minuman teh, tentu Anda sudah mengetahui sejarah panjang dari minuman beraroma wangi segar ini.

Selain jenisnya bervariasi, tata cara minum teh pun sangat beragam di beberapa tempat. Salah satunya yaitu kota Pontianak di Kalimantan Barat. Di daerah ini banyak dijumpai pengolahan teh yang dicampur dengan bahan-bahan dasar lainnya seperti lidah buaya atau aloe vera, terkenal dengan istilah minuman teh lidah buaya.

Teh Lidah Buaya

Teh lidah buaya merupakan pengembangan tradisi minum teh masyarakat setempat yang diolah dengan mengaplikasikan kulit lidah buaya yang diseduh seperti halnya meminum teh dari daun teh asli.

Loading...

Jenis lidah buaya yang dipakai untuk secangkir teh ini adalah dari aloe vera chinensis dari famili liliacieae yang banyak mengandung daging buah, tergolong ke dalam spesies lidah buaya varietas unggul yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Lidah buaya dari jenis aloe vera chinensis banyak dibudidayakan di Kalimantan yang mempunyai tekstur tanah sangat gambut dan subur.

Manfaat 

Teh lidah buaya kaya akan zat-zat bernilai gizi tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan stres, menyembuhkan sakit pencernaan dan mengeluarkan sisa zat kimia beracun dari dalam tubuh.

Teh ini dapat berfungsi mencuci mata dan luka, atau untuk mengobati gangguan pencernaan tertentu. Juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar dan mengurangi gejala paparan matahariberlebih dengan menuangkan teh pada daerah yang terkena. Aloe juga dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti ruam atau gigitan serangga.

Cara Membuat

Cara membuat teh lidah buaya sangat sederhana, dapat diolah dengan menggunakan seadanya saja. Bagi yang ingin mencoba untuk mempraktekkannya di rumah, berikut resep pembuatannya:

Bahan yang diperlukan:

kulit daun lidah buaya yang berwarna hijau.

Cara membuat:

1. Kulit daun dicuci bersih dan ditiriskan.

2. Potong kecil-kecil atau dirajang seperti daun teh, dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering atau dikeringkan dalam oven.

3. Setelah kering, teh dari lidah buaya siap Anda konsumsi, pengaplikasiannya adalah seperti teh tubruk dan dikonsumsi seperti meminum teh biasa.

5. Bisa juga diolah menjadi bubuk teh lidah buaya, yang dikemas dalam kantung kertas transparan seperti teh celup.

Teh lidah buaya selain enak rasanya, juga memberikan manfaat kesehatan tinggi untuk tubuh Anda. Diantaranya adalah mengatasi diabetes, mengobati luka, mengobati wasir, melancarkan pencernaan, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mengingat tanaman ini mempunyai sejuta manfaat terutama untuk kesehatan tubuh manusia, ada baiknya mulai sekarang Anda mulai memperhatikan atau menanam lidah buaya pot di halaman rumah.

Efek Samping

Seiring dengan manfaat teh lidah buaya, ada beberapa efek samping yang datang dengan konsumsi tanaman.

Lidah buaya dapat menyebabkan kram perut dan nyeri karena efek pencahar pada tubuh. Meskipun tidak ada data yang cukup untuk membuktikan efek ini, memakan lateks dari tanaman juga telah dikaitkan dengan kerusakan ginjal dan keguguran, dan terdaftar sebagai kemungkinan karsinogen.

Kebanyakan gejala muncul pada dosis tinggi, atau sekitar satu gram per hari, menurut National Institute of Health Medline Plus.