Loading...

9 Tips Menghindari Dehidrasi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

9 Tips Menghindari DehidrasiTERUSKAN.COM – Musim panas merupakan saat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.

Tapi Anda akan memerlukan asupan air yang cukup tinggi guna menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Dehidrasi adalah masalah umum yang sering terjadi saat musim panas.

Loading...

Karena itu, beberapa orang mengakalinya dengan sering mengonsumsi minuman segar untuk mencukupi asupan cairan dan mempertahankan suhu normal tubuh.

Di samping minum air putih, banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari dehidrasi. Berikut diantaranya:

1. Perbanyak Makan Buah

Makan buah-buahan saat musim panas seperti semangka, jeruk, persik dan nanas akan sangat berguna untuk menjauhkan Anda dari rasa haus yang mencekik.

Anda tidak harus mengonsumsi banyak buah, cukup 2-3 biji sudah akan sangat memenuhi asupan cairan tubuh. Selain air, buah-buahan juga kaya akan kandungan vitamin C, yang membantu menghidrasi tubuh.

Jika bosan mengonsumsi buah secara langsung, Anda dapat mengolahnya menjadi jus yang dapat Anda nikmati saat cuaca sedang panas.

2. Minuman Khas Musim Panas

Minuman khas musim panas seperti air kelapa dan jus lemon dapat membantu mengurangi panas tubuh atau dehidrasi. Minuman ini sangat rendah karbohidrat dan tinggi garam, sehingga akan mengatasi masalah dehidrasi.

Segelas jus lemon dapat membantu menyeimbangkan tingkat keringat dari tubuh saat musim panas.

3. Hindari Mengonsumsi Teh dan Kopi

Meskipun Anda pecinta teh atau kopi, Anda harus mencoba untuk mengurangi konsumsinya saat musim panas. Minuman berkafein dan berkarbonasi hanya akan meningkatkan panas tubuh, yang pada akhirnya akan menyebabkan dehidrasi.

4. Air Mineral

Minum 8-10 gelas air per hari sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Di musim panas, minum setidaknya 12-15 gelas air untuk tetap terhidrasi.

Jangan lupa untuk membawa botol air kemana pun Anda pergi. Air dapat menjaga tubuh Anda terhidrasi sepanjang hari. Selain itu, penggunaan botol air minum dapat menjadi salah satu cara menghindari sampah.

5. Buat Mocktails Sehat

Anda dapat memuaskan dahaga Anda dengan cara yang menarik seperti bereksperimen dengan mocktails. Ini merupakan cara yang menarik untuk tetap terhidrasi.

Campurkan beberapa jenis buah untuk menghasilkan jus dengan kombinasi menarik.

6. Smoothies

Minum smoothies saat musim panas benar-benar dapat membantu melembabkan tubuh dalam cara yang mengagumkan.

Mengkombinasi beberapa jenis buah seperti mango smoothies dengan mencampurnya bersama yogurt dengan beberapa sendok madu akan memberikan kesegaran untuk tenggorokan Anda.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan dan tubuh.

7. Salad

Salads juga dapat membantu dalam menjaga tubuh Anda agar tetap dingin dan mencegah dehidrasi. Mengonsumsi salad mentah akan mendinginkan badan dan menjaga suhu normal tubuh.

Daun salad, selada dan mentimun dapat memberikan rasa dingin pada tubuh Anda.

8. Minum Air Elektrolit

Tidak hanya untuk mengembalikan tenaga, air elektrolit juga membantu mengurangi panas dan mencegah kondisi dehidrasi dalam tubuh.

Akan sangat baik untuk mengonsumsi air elektrolit setelah selesai latihan di gym yang akan mengurangi panas dalam tubuh.

9. Konsumsi Banyak Sayuran Hijau

Sertakan banyak sayuran hijau alami dalam menu musim panas.  Sayuran hijau memiliki jumlah kadar air yang baik, yang akan membantu untuk menghidrasi tubuh dengan cara alami.

Sayuran hijau seperti brokoli, kubis dan bayam dapat dikonsumsi untuk mengalahkan panas.

Tidak perlu mengonsumsi minuman dingin atau es krim saat musim panas. Banyak cara lain yang dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dimulai dari jus, buah mentah bahkan sayuran akan memberikan kesegaran untuk tubuh Anda.

Cobalah untuk mencampur berbagai macam buah dan sayuran untuk mendapatkan rasa segar di terik matahari saat musim panas.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.goldenrule.com)