Loading...

Ragam Peluang Bisnis di Bulan Suci Ramadhan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Bisnis

Ragam Peluang Bisnis di Bulan Suci RamadhanTERUSKAN.COM – Bulan Ramadhan sebentar lagi datang, bahkan tinggal menghitung hari. Bagi Anda umat muslim tentu sudah tak sabar menyongsongnya.

Bulan Suci Ramadhan identik dengan sajian-sajian dan pernak-pernik yang khas, seperti makanan manis untuk berbuka puasa, atau kue-kue kering penghias meja tamu untuk Hari Raya Lebaran.

Bagi Anda yang memiliki naluri berbisnis tentu tak akan menyia-nyiakan moment ini. Ya, memang ada beberapa peluang bisnis yang dapat kita jalankan selama Bulan Suci Ramadhan.

Loading...

Apa saja peluang bisnis itu? Simak yuk!

1. Makanan Berbuka Puasa

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak Anda bisa memanfaatkan hobi Anda untuk berburu rejeki lebih. Anda dapat membuat aneka panganan manis untuk berbuka puasa seperti cake kurma, es pisang ijo, ataupun aneka gorengan.

Anda dapat menjualnya di pasar kaget yang biasanya hanya buka saat Bulan Suci Ramadhan, atau Anda dapat menjualnya dengan membuat warung kecil di rumah Anda, dan membuat booth di pinggir jalan raya.

2. Rantangan Sahur

Lagi-lagi di sini hobi memasak Anda akan berbicara. Rantangan untuk makan sahur cocok bagi Anda yang berdomisili di dekat kampus.

Sasarannya tentu saja mahasiswa yang kos di sekitar kampus, karena keberadaan makanan sehat yang bergizi menjadi kebutuhan anak kos.

Selain itu, keberadaan rantangan untuk sahur (ataupun berbuka) akan sangat membantu karena mereka tidak perlu mencari makanan keluar kos untuk sahur dan berbuka puasa.

3. Bisnis Kue Kering

Bisnis ini sudah lazim di Bulan Suci Ramadhan, namun tak ada salahnya jika Anda ikut mencoba.

Banyak resep-resep kue kering yang beredar di internet. Anda dapat mencobanya dengan membuat kue kering khas lebaran sperti kue nastar keranjang, kastengel, atau chochochip.

Anda bisa memulainya sebelum Bulan Suci Ramadhan tiba, untuk memperkenalkan kue kering buatan Anda. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan Rp 200.000 sampai Rp. 350.000 Anda sudah dapat membuat tester yang akan Anda perkenalkan kepada calon konsumen dan memulai usaha Anda.

4. Bisnis Busana Muslim

Menggunakan busana muslim saat Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran sudah menjadi trend di masyarakat Indonesia masa kini. Selain itu, kini busana muslim juga menjadi trrend hantaran di hari lebaran.

Busana muslim seperti baju koko, sarung, gamis, kaftan, dan aneka kerudung sudah menjadi trend lebaran masa kini. Ini merupakan peluang bisnis yang cukup menyenangkan.

Anda dapat mencoba bisnis ini dengan lebih dulu mencermati selera masyarakat atau yang menjadi kegemaran masyarakat saat ini. Setelah itu Anda menentukan produk apa yang Anda jual. Jangan lupa tentukan pangsa pasar produk Anda.

Kemudian Anda dapat mencari produk yang akan Anda jual. Anda dapat mencari produk yang akan Anda jual di pusat grosir, atau di pasar tradisional. Anda dapat membeli produk Anda dengan sistem reseller atau dengan sistem beli putus.

Tentu dengan perjanjian terlebih dahulu dengan calon supplier Anda. Anda dapat menjualnya dengan sistem kredit maupun dengan dibayar tunai.

Cukup mudah bukan? Semoga sukses!