Loading...

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Tips Menurunkan Kolesterol Secara AlamiTERUSKAN.COM – Gejala awal kolesterol tinggi pada umumnya sulit untuk dideteksi atau dikenali sejak dini, bahkan ada yang tidak memperlihatkan gejala sama sekali.

Kadar kolesterol tinggi dalam darah menyebabkan aliran darah menjadi kental karena terlalu banyak mengandung lemak.

Lemak-lemak ini menumpuk pada dinding pembuluh darah sehingga mengganggu proses peredaran darah di dalam tubuh.

Loading...

Penumpukan lemak bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan hal ini bisa mengganggu atau menghambat suplai oksigen ke dalam tubuh.

Gejala Kolesterol Tinggi

Karena kadar oksigen di dalam darah berkurang, timbullah gejala sakit kepala atau pegal-pegal.

Namun, gejala awal ini pada umumnya kurang disadari oleh seseorang yang telah terkena kolesterol tinggi  karena dianggap sebagai penyakit ringan, sehingga tak jarang orang baru menyadari dan mengetahuinya setelah mereka terkena serangan jantung atau stroke.

Pemeriksaan darah perlu dilakukan untuk memastikan kadar kolesterol masih dalam kondisi sehat. Pemeriksaan kolesterol akan menghasilkan data-data akurat tentang perkiraan jumlah kadar kolesterol di dalam tubuh dan risiko yang ditimbulkan.

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut adalah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menumpuk di dalam aliran darah:

– Konsumsi Makanan Sehat

Aturlah menu dan pola makan sehari- hari Anda. Pola makan yang buruk merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya kolesterol tinggi.

Jauhi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti keju, telur, daging merah, makanan yang digoreng, keripik dan beberapa makanan berminyak lainnya.

Disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar setiap harinya.

Jenis makanan yang ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol dan sering dijadikan sebagai rekomendasi oleh para dokter dan ahli gizi seperti: kombinasi oatmeal, pisang dan stroberi untuk sarapan pagi, gandum, kacang-kacangan, terong, apel, anggur, dan buah jeruk.

– Sterol dan Stanol

Makanan yang diperkaya oleh zat sterol dan stanol juga baik. Sterol dan stanol mempunyai kemampuan untuk menyerap kolesterol jahat secara cepat dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari seperti tahu dan susu kedelai.

“Makan sterol dan stanol makanan yang mengandung adalah cara mudah untuk menurunkan kolesterol LDL Anda, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung,” kata Ruth Frechman, RD, juru bicara American Dietetic Association (ADA).

Para ahli telah mempelajari dampak dari makanan yang diperkaya dengan sterol selama beberapa dekade. Satu studi penting pada orang dengan kolesterol tinggi menemukan bahwa kurang dari satu ons margarin yang diperkaya stanol sehari bisa menurunkan kolesterol “jahat” LDL sebesar 14%. Hasilnya diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine.

Sebuah penelitian yang lebih baru dari University of California Davis Medical Center mengamati efek dari jus jeruk yang diperkaya sterol. Dari 72 orang dewasa, setengah menerima jus jeruk biasa dan setengah lagi jus jeruk yang diperkaya.

Setelah hanya dua minggu, orang-orang yang minum jus yang diperkaya stanol mengalami penurunan 12,4% pada tingkat kolesterol LDL mereka. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology.

– Olahraga teratur

Lakukan olahraga dengan durasi atau jam yang tepat seperti beberapa hari dalam seminggu. Hal ini sudah cukup bagus buat memberikan perubahan positif pada kadar kolesterol Anda.