Loading...

5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak disukai di seluruh dunia. Entah itu diminum saat bersantai atau mengawali hari.

Dengan takaran yang tepat, kafein yang terdapat pada kopi akan mengusir rasa kantuk, membuat Anda merasa segar kembali.

5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Loading...

Namun, tahukah Anda bahwa selain itu kafein dalam kopi juga mampu melakukan lebih banyak hal?

Ya, ternyata kopi juga memberikan manfaat bagi mereka yang ingin terlihat lebih cantik. Apa sajakah itu?

1. Mengurangi Lingkaran Hitam 

Setelah bekerja hingga larut malam, ada baiknya untuk meminum secangkir kopi sebelum mulai berkativitas.

Secangkir kopi akan membantu Anda mengurangi lingkaran hitam pada bagian bawah mata yang disebabkan karena kurang tidur.

Dikombinasikan dengan vitamin K, kopi akan mengurangi pelebaran pembuluh darah di bawah mata dan mengurangi kadar air serta akan menghilangkan lingkaran hitam.

2. Mengeksfoliasi Kulit

Kopi bubuk yang dikombinasikan dengan bahan-bahan lain dari dapur, seperti yogurt, dapat mengexfoliasi kulit, membantu menyingkirkan kulit mati dan membuat kulit  lebih kencang.

Untuk Anda yang ingin mengencangkan dan mencerahkan kulit, kopi adalah salah satu bahan aman yang dapat digunakan. Anda juga dapat menggunakan kosmetik yang mengandung kopi sebagai bahan aktif di dalamnya.

3. Menghilangkan Bau

Apakah itu bau bawang yang melekat pada tangan setelah memasak atau bau mulut sehabis mengonsumsi makanan berbau, Anda dapat dengan mudah menghilangkannya dengan menggunakan kopi.

Untuk tangan, Anda cukup membubuhkan kopi bubuk di telapak tangan Anda, dan bau akan lenyap dengan cepat. Sedangkan pada mulut, Anda dapat meminum kopi yang diseduh.

Kopi yang memiliki fungsi penetralisir bau akan sangat efektif menghilangkan bau menyengat.

Jika Anda perlu bukti, Anda dapat mengunjungi toko parfum yang menggunakan biji kopi untuk menetralisir aroma parfum pada hidung sehingga Anda dapat membedakan bau parfum satu dengan yang lainnya.

4. Menyehatkan Rambut

Kopi dapat membantu memerangi rambut rontok dengan cukup mudah, dan sering dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat rambut di salon-salon kecantikan.

Seduh kopi dengan air hangat, lalu bilaskan pada rambut Anda.  Diamkan selama 20 menit, dan kemudian bilas dengan air biasa.

Anda juga dapat menggunakan produk shampoo yang berbahan kopi. Namun, akan lebih baik jika menggunakan shampoo asli karena tidak bercampur dengan bahan kimia.

5. Mengurangi Selulit

Manfaat besar body scrub yang terbuat dari kopi ialah membantu mengurangi selulit dan mencerahkan kulit. Scrub kopi dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan mencampurkan kopi, madu atau gula, atau dapat Anda beli di swalayan dan toko terdekat.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, sebaiknya tidak menggunakan kopi terlalu sering atau berlebihan. Karena itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan kopi.

Di samping itu, ada baiknya melakukan tes sebelum menggunakan kopi, untuk melihat apakah akan menimbulkan reaksi alergi atau tidak.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.beautyandtips.com)