Loading...

6 Manfaat Olahraga untuk Kinerja Otak

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

6 Manfaat Olahraga untuk Kinerja OtakTERUSKAN.COM – Sehat, bugar dan bentuk tubuh yang indah. Yah, inilah manfaat yang akan dirasakan saat Anda melakukan olahraga rutin setiap harinya.

Namun ternyata bukan itu saja, masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari berolahraga.

Tahukah Anda, berolahraga sekitar 30 menit setiap hari dapat membantu melepaskan simpul otak Anda sehingga akan memberikan banyak manfaat pada kinerja otak, diantaranya ialah:

Loading...

1. Meningkatkan Kreativitas

Bagian dari otak yang disebut dengan neuroplastisitas adalah bagian yang membantu untuk menciptakan kreativitas pikiran.

Namun, neuroplastisitas otak dapat berubah-ubah dan melakukan adaptasi dalam kehidupan, sehingga Anda harus tetap memperbaharuinya dengan menambahkan ide-ide dan pembelajaran baru.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan selain belajar yaitu berolahraga.

Berolah raga akan merangsang dan membantu menjernihkan pikiran sehingga akan memungkinkan untuk menciptakan lebih banyak kreativitas. Anda akan dipenuhi dengan lebih banyak kreativitas setelah berolahraga.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam aktivitas fisik dan olahraga memiliki hippocampus (bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk mengingat) lebih besar.

Hal ini diyakini oleh para ilmuwan karena adanya hubungan yang kuat antara retensi memori dan latihan.

Berolahraga secara umum juga akan mengurangi dari resiko penyakit Alzheimer.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Mendengarkan musik kesukaan dan berlari selama beberapa menit akan sangat membantu memperbaiki suasana hati.

Saat berolah raga, tubuh akan melepaskan hormone endorfin yang akan memperbaiki suasana hati. Selain itu juga akan membantu Anda untuk memerangi depresi jangka pendek ke tingkat yang besar.

4. Mengurangi Stres

Berolahraga yang cukup dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres, adrenalin dan kortisol. Karenanya, olahraga rutin akan sangat membantu mengurangi stres.

5. Melancarkan Aliran Darah

Berolahraga akan memperluas kapiler otak yang pada gilirannya mengakomodasi peningkatan oksigen dan aliran darah ke otak sehingga lebih lancar.

Perluasan kapiler akan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup neuron dan menjadikannya lebih cepat dalam bekerja dibandingkan  sebelumnya.

6. Meningkatkan Fokus, Perhatian dan Keterampilan Motorik

Telah terbukti secara ilmiah bahwa dengan rajin berolahraga membantu Anda lebih fokus dan berkonsentrasi pada hal-hal yang lebih baik. Disamping itu juga akan melatih keterampilan motorik dan koordinasi gerakan.

Demikian beberapa manfaat kesehatan untuk kinerja otak yang akan Anda peroleh. Anda tidak harus melakukan olah raga selama berjam-jam. Cukup 10-30 menit lebih maka fungsi dan kinerja otak Anda akan beroprasi dengan baik. Berolah raga meski hanya 10-15 menit akan lebih baik dibanding tidak berolah raga sama sekali.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.merrittclubs.com)