Loading...

Menonton TV Sambil Tiduran, Apa Risikonya?

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Menonton TV Sambil Tiduran, Apa Risikonya?TERUSKAN.COM – Menonton TV mungkin menjadi salah satu hobi sebagian besar orang. Menonton TV memang menyenangkan dan asyik, terlebih jika dilakukan saat bersantai.

Sebagian orang memilih menonton TV untuk mendapatkan informasi, tidak ketinggalan berita, menonton acara favorit dan lain sebagainya.

Itulah mengapa tak jarang orang yang memiliki lebih dari 1 TV di rumahnya, bahkan di kamar tidur.

Loading...

Menonton TV mungkin jauh lebih asyik jika ditemani camilan dan sambil tiduran. Bukankah hal yang satu ini sangat sering dilakukan?

Ya, menonton TV sambil tiduran berjam-jam hingga jatuh terlelap mungkin pernah Anda lakukan dan hal tersebut sah-sah saja.

Namun lain halnya jika hal tersebut adalah kebiasan yang begitu sering dilakukan, bahkan setiap kali Anda menonton TV.

Kebiasan tersebut sebaiknya mulai Anda kurangi dan bahkan Anda hilangkan karena akan menyebabkan beberapa hal berikut ini:

1. Malas

Orang yang menghabiskan waktunya, baik itu setelah pulang kerja atau pada waktu luang, dengan menonton TV sambil tiduran selama berjam-jam dapat membuat orang tersebut menjadi malas.

Hal ini karena posisi yang memang cenderung nyaman serta TV yang menyajikan berbagai acara yang tetap membuat seseorang betah berlama-lama menontonnya.

Jika kebiasan ini kerap dilakukan, seseorang dapat cenderung menjadi pemalas karena menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menonton TV daripada melakukan aktivitas yang positif lainnya.

2. Insomnia

Menonton TV sambil tiduran sebelum Anda tidur juga dapat menjadi salah satu penyebab insomnia atau penyakit gangguan tidur.

Hal ini disebabkan oleh suara TV yang membuat Anda terjaga juga pancaran dari layar TV yang cukup terang hingga membuat Anda tidak mudah tidur.

Selain itu, menonton TV akan semakin sulit membuat seseorang terlelap karena orang cenderung menontonnya dalam waktu yang lama sehingga jam tidur pun menjadi larut malam.

Hindari menonton TV tepat sebelum Anda tidur maupun menggunakan perangkat lainnya yang memancarkan cahaya dari layarnya.

3. Boros Listrik

Jika tagiah listrik di rumah Anda terbilang cukup besar, mungkin Anda dapat mengecek kembali perangkat elektronik yang sering digunakan.

Boros listrik adalah salah satu akibat kebiasan menonton TV sambil tiduran karena posisi nyaman ini dapat membuat orang betah berlama-lama menonton TV dan akhirnya TV sangat lama menyala dan menghabiskan banyak listrik.

4. Penyebab Obesitas

Adakah hubugnan antara obesitas dengan kebiasan menonton TV sambil tiduran? tentu saja. Menonton TV sambil tiduran tak jarang orang lakukan dengan mengonsumsi camilan dan minuman berlama-lama selama menonton TV.

Hal ini dapat meyebabkan seseorang menjadi mudah gemuk dan bahkan terkena obesitas.

Selain itu, menonton TV sambil tiduran juga tidak membuat kita melakukan gerakan lain selain diam dan menonton TV, jadi logis saja jika hal tersebut menjadi pemicu kegemukan.

***

Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi kebiasaan menonton TV sambil tiduran?

1. Beri jadwal kapan Anda mau menonton TV dan kapan selesai menontonnya. Hal ini untuk mencegah Anda menonton TV berlama-lama.

2. Lakukan aktivitas yang lebih bermanfaat lainnya ketimbang menonton TV terutama sambil tiduran.

3. Hindari meletakkan TV dalam kamar tidur karena akan membuat Anda ingin menontonnya sambil tiduran.

Semoga bermanfaat.

(photo: dailymail.co.uk)