Loading...

Lakukan 6 Rutinitas Ini untuk Mendapatkan Tidur Malam Lebih Baik

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Lakukan 6 Rutinitas Ini untuk Mendapatkan Tidur Malam Lebih BaikTERUSKAN.COM – Tidur sering bisa menjadi barometer kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dalam banyak kasus, mereka dengan kesehatan yang baik cenderung untuk tidur dengan baik, sedangkan mereka yang menderita masalah tidur berulang mungkin memiliki masalah medis atau mental yang mendasari, baik itu ringan atau serius.

Tidur dengan baik adalah penting untuk kesehatan fisik dan emosional. Sayangnya, bahkan kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati, energi, efisiensi, dan kemampuan Anda dalam menangani stres.

Loading...

Jika Anda ingin merasakan yang terbaik, tetap sehat, dan mengeluarkan potensi Anda, tidur merupakan kebutuhan, bukan suatu kemewahan.

Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari, Anda dapat melakukan dan membiasakan 6 rutinitas berikut, dimulai sejak pagi hari, dilansir dari Oprah.com:

07:00. Rapikan tempat tidur Anda

Ibu Andabenar – Anda harus membereskan tempat tidur. Mereka yang merapikan tempat tidur setiap hari 19 persen lebih mungkin mendapatkan istirahat malam yang lebih baik, menurut sebuah jajak pendapat oleh National Sleep Foundation.

“Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan masalah tidur yang menggunakan tempat tidurnya hanya untuk tidur meningkatkan kualitas istirahat mereka,” kata Judith Davidson, PhD , penulis Sink into Sleep: A Step-by-Step Workbook for Reversing Insomnia.

Selain itu, ketika tempat tidur Anda rapi dan bersih, Anda kurang tergoda untuk merangkak membaca buku atau berbicara di telepon.

07:15. Buka Jendela

Mendapatkan sinar matahari alami pada wajah Anda dalam waktu dua jam setelah bangun membantu sinkronisasi jam internal Anda terhadap lingkungan, kata Robert Rosenberg, direktur medis dari Sleep Disorders Center di Flagstaff, Arizona.

Ketika tubuh Anda sejajar dengan siklus terang-gelap alami, pelepasan melatonin akan lebih teratur sehingga Anda akan merasa lebih mudah untuk tertidur di malam hari .

12:00.Beristirahat sambil olahraga

Sebuah studi terbaru dari Oregon State University menemukan bahwa setidaknya 150 menit olahraga sedang hingga berat per minggu meningkatkan kualitas tidur sebesar 65 persen.

Para peneliti percaya bahwa pendinginan alami yang terjadi setelah berolahraga dapat membantu mempercepat penurunan suhu inti tubuh yang berhubungan dengan tidur, sehingga Anda akan lebih mudah tertidur ketika Anda akhirnya berada di tempat tidur.

19:00. Makan malam dengan gandum

Coba tambahkan satu cangkir makaroni gandum sebagai makan malam Anda dalam beberapa malam setiap minggunya. Ia mengandung 38 persen dari nilai harian magnesium Anda.

“Magnesium memiliki efek relaksasi pada otot dan sistem saraf,” kata Rosenberg. ” Hal ini juga membantu produksi dan penyerapan salah satu neurotransmitter utama yang mempromosikan tidur.”

20.30. Mandi

Memanjakan diri dengan ritual malam hari yang merelaksasi, yang memisahkan Anda dari kekhawatiran sepanjang hari sebelumnya adalah kuncinya.

Dan mandi air panas sangat baik untuk memulainya: Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan bahwa penderita insomnia wanita yang lebih tua yang mandi setidaknya 90 menit sebelum tidur melaporkan kualitas tidur yang lebih baik.

21:00. Nonton di atas sofa, bukannya di tempat tidur

Jangan menyelip di malam hari hingga Anda benar-benar lelah. “Setiap menit yang Anda habiskan terjaga dan keluar dari tempat tidur – meningkatkan kebutuhan Anda untuk tidur nyenyak,” kata Colleen Carney, PhD, salah satu penulis buku  Goodnight Mind: Turn Off Your Noisy Thoughts and Get a Good Night’s Sleep.

“Menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur benar-benar memberitahu tubuh Anda bahwa Anda perlu sedikit istirahat.”

20:00. Selamat tidur!

Dan mimpi yang indah!