Loading...

11 Penyebab Munculnya Mata Panda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

11 Penyebab Munculnya Mata PandaTERUSKAN.COM – Lingkaran hitam di bawah mata? Ini adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering membuat wanita merasa frustrasi karena membuat tampilan mereka terlihat buruk.

Bukan hanya wanita, pria juga biasanya mengalami hal ini. Salah satu penyebab lingkaran hitam ini, atau yang biasa disebut dengan mata panda, yaitu kurangnya tidur yang biasanya dikarenakan pekerjaan atau insomnia.

Namun, selain hal tersebut ternyata masih banyak penyebab lain yang mendasarinya.

Loading...

Berikut adalah beberapa penyebab mata panda yang kami rangkum dari Magforwomen.com

1. Usia

Usia yang bertambah menjadi salah satu alasan terbesar munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata. Kulit di bawah mata yang tipis akan semakin menipis seiring dengan bertambahnya usia, sehingga akan menyebabkan hilangnya lemak subkutan dan juga elastisitas.

Karena hilangnya kedua bagian tersebut, maka pembuluh darah akan terlihat lebih menonjol, sehingga lama kelamaan akan menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, kantung mata juga akan terlihat menurun karena elastisitas kulit yang mengendur.

2. Kurang Tidur

Ketika Anda memiliki waktu tidur yang sangat sedikit atau terlalu lelah, kulit akan berubah menjadi pucat dan bagian bawah mata yang tipis juga akan menjadi pucat. Darah yang berada di bagian tersebut menjadi terlihat dan muncul dengan warna gelap atau biru.

Namun tidak perlu khawatir, kondisi ini hanya bersifat sementara dan kulit dapat kembali ke warna alami ketika Anda mendapatkan tidur yang cukup.

3. Alergi

Dalam banyak kasus, alergi telah diidentifikasi sebagai alasan penting munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata. Tanda alergi biasanya berupa gatal pada bagian bawah mata dan akhirnya akan menyebabkan lingkaran hitam.

Penyebab alergi mungkin saja karena makanan atau obat tertentu.

4. Gaya Hidup

Selain beberapa penyebab umum di atas, gaya hidup yang biasanya dimulai dari jenis makanan, merokok dan minum minuman keras terbukti menjadi alasan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Merokok dan minum cenderung akan  mengeringkan tubuh Anda dan lingkaran hitam yang muncul menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan cairan.

5. Sering Terkena Sinar Matahari atau Ultraviolet

Jika Anda sering terkena sinar matahari untuk waktu yang lama, maka secara tidak langsung akan membuat kulit memproduksi lebih banyak melanin.

Melanin akan memberikan warna gelap pada beberapa bagian wajah terutama bagian bawah mata yang memiliki lapisan kulit yang tipis.

6. Genetika

Genetika memiliki peran besar, salah satunya lingkaran bawah mata yang menghitam. Transparansi kulit di bawah mata biasanya merupakan sifat yang diturunkan.

Anda mungkin saja mewarisinya dari salah satu orang tua Anda yang memiliki pembuluh darah yang menonjol pada bagian mata.

Selain itu, lingkaran bawah mata yang menghitam juga dapat disebabkan karena struktur tulang wajah yang dalam sehingga menimbulkan efek bayangan di bawah mata.

7. Perubahan Hormonal

Wanita umumnya mengalami beberapa perubahan hormonal pada berbagai tahap. Perubahan hormon selama menstruasi dan kehamilan biasanya menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam.

8. Kurang Gizi

Diet memainkan peran penting dalam kesehatan kulit.

Jika Anda mengalami kekurangan vitamin A, C, K dan E untuk  periode waktu yang lama, maka Anda akan mendapatkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

9. Penyakit Hati

Lingkaran hitam di bawah mata bisa menjadi salah satu gejala disfungsi hati. Minor dan penyakit utama dari hati seperti hepatitis dapat menyebabkan gelapnya kulit di bawah mata.

10. Anemia

Saat ini, banyak wanita yang mengalami anemia yang disebabkan karena kecapean atau menstruasi. Atau mungkin saja disebabkan karena kadar zat besi yang rendah dalam tubuh.

Anemia sendiri akan membuat tubuh kekurangan darah beroksigen yang seharusnya dipasok ke jaringan tubuh. Kekurangan zat besi inilah yang biasanya diketahui menjadi salah satu penyebab mata panda di kalangan para wanita.

11. Kafein

Minuman berkafein dan beralkohol hanya akan membuat Anda merasa haus dan dehidrasi. Kurangi minuman jenis tersebut dan ganti dengan  meningkatkan asupan air yang akan memerangi masalah tersebut.

Perubahan sederhana dalam makanan seperti memperbanyak konsumsi sayuran hijau dapat menjauhkan Anda dari mata panda. Selain itu, mengonsumsi buah, minum air putih dan yang paling penting beristirahat yang cukup akan menjauhkan Anda dari mata panda.

Semoga bermanfaat.

(photo: evoucher.co.id)