Loading...

Tips Mengatasi Bau Pada Ketiak

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Tips Mengatasi Bau Pada KetiakTERUSKAN.COM – Perawatan tubuh tentunya menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap orang, khususnya bagi perempuan yang memiliki begitu banyak aktivitas.

Pekerjaan di kantor, meluangkan waktu bersama kawan, dan rutin melakukan olahraga pasti akan membuat tubuh Anda berkeringat. Yang kemudian, dapat menimbulkan bau tak sedap dari tubuh Anda, terutama bagian ketiak.

Bila aroma tak sedap tersebut mengganggu orang lain, hal ini pasti akan membuat Anda merasa kurang nyaman dan kehilangan rasa percaya diri.

Loading...

Itulah mengapa kita harus selalu menjaga dan merawat seluruh bagian tubuh. Anda tentu tidak ingin penampilan sempurna Anda menjadi rusak karena timbulnya bau tak sedap dari ketiak Anda.

Nah, sebenarnya hal tersebut dapat dengan mudah Anda atasi dengan melakukan cara-cara sederhana berikut ini:

Memilih bahan baju yang tepat

Indonesia memang memiliki iklim tropis yang membuat Anda mungkin merasa cukup sulit untuk menemukan bahan pakaian yang cocok dan nyaman agar terhindar dari keringat dan bau badan.

Pemilihan bahan kain memang memiliki peran yang besar dalam hal timbulnya bau tak sedap dari ketiak Anda. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hindari pakaian dengan bahan sintetis.

Pilihlah bahan-bahan seperti katun dan linen, karena bahan ini akan lebih mudah menyerap keringat dan membuat ketiak Anda tetap kering sehingga tidak menimbulkan aroma tak sedap.

Memilah makanan yang tepat

Seperti halnya dengan bahan pakaian, makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab bau badan. Jadi cobahlah untuk memilah dengan baik makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari.

Jangan mengonsumsi makanan yang dapat membuat keringat Anda berbau tak sedap, misalnya saja bawang putih, bawang merah, serta segala minuman yang berkafein.

Rutin mencukur ketiak

Ini merupakan cara yang pastinya sering Anda lakukan. Rambut ketiak yang terlalu lebat akan menyebabkan keringat mudah menumpuk di daerah tersebut dan sulit untuk diserap pakaian.

Maka dari itu rutinlah mencukur ketiak Anda. Meskipun mungkin Anda akan merasa kesal bila rambut ketiak yang baru saja dicukur, tumbuh kembali dalam waktu yang cepat.

Sebenarnya Anda dapat melakukan sebuah perawatan yang disebut Underarm Treatment, cara ini akan menghilangkan rambut pada ketiak Anda secara permenen. Selain itu juga akan menghilangkan kulit-kulit gelap pada ketiak Anda.

Mencukur rambut ketiak tentunya tidak boleh Anda lakukan sembarangan, karena hal tersebut dapat mengikis permukaan kulit Anda dan membuat pori-pori semakin besar. Oleh karena itu, Anda harus melakukannya dengan teknik yang benar.

Melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan memang menjadi solusi yang paling mudah, namun tentu saja Anda harus rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Anda dapat menggunakan solusi alami seperti lemon untuk mencerahkan kulit ketiak Anda dan menghilangkan bau badan.

Setelah bercukur, Anda dapat memanfaatkan kebaikan lemon dengan memerasnya lalu mengoleskannya pada ketiak Anda dengan menggunakan kapas.

Dan biarkan sampe mengering, usahakan agar tangan Anda tetap terangkat dan tidak terjadi gesekan apapun pada kulit ketiak Anda karena ini akan membuat manfaat lemon berkurang. Setelah itu bilas hingga bersih.

Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab pada ketiak Anda untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Kulit ketiak yang sehat akan mengurangi timbulnya bau badan akibat keringat.

(photo: www.beautytipshub.com)