Loading...

Aneka Solusi Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Aneka Solusi Alami Mengatasi Sakit TenggorokanTERUSKAN.COM – Setiap orang pasti pernah merasakan sakit tenggorokan. Ini adalah salah satu penyakit yang paling umum menjangkiti siapa saja.

Hal ini terjadi karena infeksi bakteri yang tentunya membuat tenggorokan Anda terasa tidak nyaman. Gejalanya bahkan menyerupai flu dan demam ringan serta Anda akan merasa nyeri dan sakit pada tenggorokan sehingga kesulitan untuk menelan.

Ketika mengalami sakit tenggorokan, terkadang orang mengabaikannya, merasa bahwa hal tersebut akan sembuh dengan sendirinya meskipun tidak diberi pengobatan khusus. Padahal jika tidak diatasi dengan tepat, sakit tenggorokan dapat menyebabkan komplikasi.

Loading...

Ada beberapa solusi alami yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Berkumur air garam

Ya, ini adalah satu cara alami yang telah dilakukan sejak lama. Garam merupakan bumbu dapur yang didalamnya memiliki kandungan antiseptik.

Berkumur dengan menggunakan air garam sangat bermanfaat untuk mengenyahkan lendir pada tenggorokan serta melegakan tenggorokan yang terasa sakit.

Cara melakukannya yaitu menyediakan segelas air dengan suhu hangat, kemudian tambahkan setengah sendok the garam ke dalamnya lalu diaduk hingga tercampur rata.

Anda sebaiknya melakukan pengobatan alami ini tiga kali dan sehari.

Madu

Sejak berabad-abad yang lalu, madu telah dianggap sebagai salah satu pengobatan alami yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit tenggorokan.

Karena kandungan anti-bakterialnya, madu telah akrab dengan masyarakat untuk dijadikan sebagai solusi pengobatan terbaik.

Anda bisa mengonsumsinya dengan secangkir teh hangat.

Jahe

Ketika mendengar kata ‘jahe’, hal pertama yang mungkin timbul di benak Anda adalah sensasi panas yang dapat ditimbulkannya. Meskipun begitu, jahe telah dikenal efektif untuk mengobati sakit tenggorokan.

Jahe memiliki kandungan zingiberen yang mampu meningkatkan sirkulasi darah serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

Anda dapat menikmatinya dengan memasukkan potongan jahe kecil ke dalam segelas teh hangat.

Minuman dingin

Minuman dingin sering dihindari saat mengalami sakit tenggorokan karena dianggap dapat memperparah keadaan.

Padahal sebenarnya minuman atau jus dingin memiliki peran yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena menjadikan tenggorokan terhidrasi.

Selain itu minum air dalam kadar yang cukup juga akan membantu melumasi tenggorokan dan membuat Anda lebih mudah menelan.

Sup hangat

Saat tenggorokan terasa sakit, Anda bisa segera mengkonsumsi sup hangat yang berisi sayuran, daging ayam serta kacang-kacangan.

Makanan ini memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat memperbaiki sistem daya tahan tubuh Anda, serta protein yang mempu memperbaiki kondisi fisik Anda.

Susu kayu manis

Mengonsumsi susu kayu manis juga sangat efektif untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

Anda dapat membuatnya dengan menyediakan bahan-bahan seperti 250ml susu tawar, 1/8 sdt baking soda, satu sdt madu, satu sdt gula pasir serta setengah sdt kayu manis.

Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, kecuali madu, lalu panaskan di atas kompor sampai hangat, jangan menunggu hingga susu mendidih.

Setelah itu, tambahkan madu ke dalamnya dan minuman sehat pun siap untuk dihidangkan.

Cuaca yang tidak menentu, menjadi salah satu hal utama yang dapat menyebabkan terjadinya sakit tenggorokan.

Jika Anda mengalami hal ini, segeralah untuk melakukan pengobatan alami sederhana diatas untuk mengurangi bahkan mengatasi nyeri tenggorokan.

Jangan mengabaikan penyakit sekecil apapun, karena bila tidak diatasi dengan tepat, maka penyakit kecil dapat berdampak serius.