Loading...

Aneka Resep Minuman Penghangat Tubuh

Penulis: Nila Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Minuman hangat untuk kesehatan tubuh bukan hanya diperlukan ketika musim hujan tiba, tapi juga saat udara dingin di malam hari menusuk-nusuk. Hal ini tentunya berpengaruh buruk terhadap perkembangan kesehatan pada umumnya.

Di hari-hari biasa pun minuman penghangat tubuh tetap banyak dicari orang karena rasanya enak di lidah, sehingga memberikan kenikmatan tersendiri bagi peminatnya.

Aneka Resep Minuman Penghangat Tubuh

Loading...

Nah, berikut kami berikan beberapa resep minuman penghangat tubuh. Simak yuk!

1. Teh madu cengkeh jeruk

Minuman ini merupakan salah satu jenis minuman hangat yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap fit.

Caranya seperti membuat teh biasa yang dicampur dengan madu, dan untuk memberi kesan lebih segar, tambahkan beberapa butir cengkeh kering dan perasan air jeruk lemon kedalamnya, kemudian seduh dengan air panas.

Cocok dan nikmat diminum di pagi hari, sebagai teman sarapan pagi atau saat turun hujan dan pada malam hari menjelang Anda tidur.

2. Kopi susu jahe

Susu yang ditambahkan dengan kopi, dan diberi sedikit irisan jahe yang dimemarkan, merupakan salah satu jenis minuman penghangat yang tepat untuk semua usia dan jenis kelamin.

Minuman ini berfungsi menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

3. Cokelat hangat

Minuman ini bisa Anda sajikan untuk anak-anak Anda, dan pada umumnya mereka sangat menyukainya. Tambahkan susu sebagai nutrisi yang berfungsi menguatkan daya tahan tubuh dan otak mereka.

4. Teh jahe kayu manis

Bahan-bahan yang diperlukan: 1 liter air, 150 gram gula pasir, 2 batang sereh (memarkan), 3 butir cengkeh, 1 batang kayu manis, 3 ibu jari jahe (100 gram) (dibakar lalu memarkan), 2 kantong teh celup.

Cara membuat: didihkan air, masukkan bahan-bahan yang lain, biarkan beberapa menit sampai harum rempah-rempah tercium di sekitar ruangan. Masukkan teh celup, diamkan kira-kira sekitar 15 menit hingga teh larut, lalu matikan kompor dan minuman siap disajikan.

Saring selagi panas dan tuang ke dalam cangkir cantik. Minuman ini berfungsi sebagai media untuk menghangatkan tubuh dan melegakan saluran pernapasan ketika Anda sedang flu.

5. Wedang angsle

Bahan-bahan yang diperlukan: untuk isinya, 8 butir nangka (pilih yang tidak terlalu matang, potong-potong), 100 gram kacang hijau rebus, 200 gram tape singkong (jangan terlalu matang , pilih yang manis, potong dadu), 200 gram kacang goreng dan sekoteng.

Bahan saos: saus jahe ditambah saus santan, untuk saos jahe memerlukan 1 liter air, 225 gram gula pasir, 100 gram jahe, 3 lembar daun pandan disobek-sobek, 2 batang sereh (memarkan).

Cara membuat: jahe dibakar, kupas, lalu memarkan, masukkan ke dalam air yang telah dididihkan, lalu masukkan gula dan bahan-bahan lainnya. Masak dengan api kecil hingga air rempah-rempahnya meresap ke dalam.

Untuk membuat saus santan, diperlukan ¼ liter santan kental, ¼ sdt garam, 2 lembar daun pandan sebit-sebit, didihkan, aduk – aduk sebentar lalu angkat.

Penyajiannya: Masukkan semua bahan ke dalam mangkok cantik, siram dengan saus jahe panas dan saus santan, hidangkan segera. Camilan hangat ini dapat mengusir rasa dingin dan mampu menghangatkan badan yang kurang fit.

(photo: http://media.travelvegas.com)