Loading...

6 Jenis Buah Penambah Energi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

6 Jenis Buah Penambah EnergiTERUSKAN.COM – Saat membutuhkan energi, Anda mungkin berpikir kopi, soda atau minuman energi lainnya akan sangat membantu untuk mengembalikan energi yang hilang, bukan?

Sayangnya, solusi ini hanya memberikan kebutuhan tingkat energi untuk sementara dan tidak semua dapat dikatakan sehat karena hanya memiliki kandungan nilai gizi yang sangat  sedikit didalamnya.

Daripada mengonsumsi minuman berenergi atau minuman lainnya, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi beberapa jenis buah tertentu yang ternyata dapat memberikan tambahan energi untuk Anda.

Loading...

Di samping itu, selain energi Anda juga akan memenuhi asupan gizi dan vitamin untuk tubuh. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut.

1. Pisang  

Pisang akan memberikan tambahan energi instan dan, tidak seperti minuman berkafein, pisang sangat mudah  dicerna dan juga baik untuk sistem pencernaan.

Pisang juga sangat baik sebagai sumber kalium, yang merupakan elektrolit yang mendukung saraf dan kesehatan otot.

Mengonsumsi satu pisang ukuran sedang akan memberikan kalori sejumlah 105 kalori yang  jauh lebih sedikit daripada kebanyakan soda manis. Selain itu pisang juga mengandung 27 gram karbohidrat, 1 gram protein dan 0,5 gram lemak.

2. Pepaya  

Pepaya adalah jenis buah tropis yang selain manis, juga memiliki manfaat yang dapat memberikan  tambahan energi.

Dikemas dengan vitamin, papaya sangat baik untuk  pertahanan dalam mencegah flu. Selain itu juga menangkal efek negatif dari asap rokok, serta melindungi terhadap rheumatoid arthritis.

3. Jeruk  

Minum secangkir kopi atau segelas perasan jeruk segar setiap pagi? Mungkin ini akan menjadi pilihan sulit untuk Anda.

Tetapi, jika dilakukan perbandingan, akan lebih baik jika Anda memilih segelas jus jeruk di pagi hari.

Buah jeruk yang dikemas dengan vitamin C dan gula alami, akan meningkatkan energi sehingga akan sangat membantu beraktifitas. Jeruk juga sangat baik untuk makan saat musim dingin karenasempurna untuk dijadikan penambah energi sehingga akan terhindar dari flu.

4. Strawberry  

Sama seperti jeruk, strawberry juga memiliki kandungan vitamin C yang baik sehingga akan memberikan daya tahan tubuh.

Selain itu, sama seperti wortel dan biji rami, strawberry ternyata dapat melindungi penglihatan Anda.

5. Nanas  

Memiliki banyak kandungan air, nanas biasanya dijadikan cemilan nikmat terlebih saat musim panas. Di samping itu, nanas juga memberikan tambahan  energi itu dan banyak tambahan vitamin untuk kesehatan tubuh.

Nanas mengandung vitamin seperti mangan, tembaga dan vitamin C, B1 dan B6 dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

6. Pir  

Enak dan disukai banyak anak-anak, buah pir adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan yang dapat mengembalikan energi.

Mengonsumsi langsung buah pir atau memadukannya dengan beberapa potongan keju untuk camilan lezat atau sarapan akan membuat Anda merasa energik dan semangat sepanjang hari.

Dengan beberapa jenis buah di atas, energi yang hilang tentunya akan dengan cepat. Selain mengonsumsi langsung atau mentah, Anda dapat membuat salad buah dengan beberapa potongan dari jenis buah tersebut.

Anda tidak perlu lagi menyeduh kopi atau minum minuman berenergi, cukup mengonsumsi beberapa buah segar  guna mengembalikan energi Anda.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://keepingbeautiful.files.wordpress.com)