Loading...

3 Hal Penting Bila Berbisnis Bersama Pasangan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Bisnis

TERUSKAN.COM – Bagi Anda yang sedang menjalin hubungan atau baru saja menapaki jenjang pernikahan, melakukan sesuatu dengan bersama–sama tentu menjadi keinginan agar hubungan yang Anda bangun semakin intens dan semakin kuat.

Berolahraga bersama atau berlibur bersama dengan pasangan sudah merupakan hal yang lazim dilakukan.Ada hal lain yang bisa kita lakukan agar hubungan dengan pasangan semakin intens, bahkan bisa menambah penghasilan Anda dan pasangan yaitu berbisnis.

Berbisnis Bersama Pasangan

Loading...

Berbisnis dengan pasangan bisa dikatakan hal yang “gampang – gampang susah” untuk dilakukan. Jika tidak dikelola dengan benar, alih – alih mendapatkan keuntungan, bisnis yang Anda bangun justru akan membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi rusak.

Bahkan jika dilakukan oleh pasangan suami istri bisa berujung perceraian karena bisnis yang dibangun justru mendatangkan kerugian dan kebangkrutan, serta utang yang menumpuk.

Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengelolaan yang baik agar bisnis yang Anda bangun bersama pasangan berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa hal yang harua Anda perhatikan sebelum berbisnis dengan pasangan:

1. Tentukan bisnis yang akan Anda jalankan

Memilih jenis bisnis yang akan Anda lakukan bersama pasangan merupakan hal yang sangat penting agar bisnis yang akan Anda lakukan bersama pasangan tepat sasaran.

Ada beberapa jenis bisnis yang bisa anda lakukan bersama pasangan seperti bisnis kuliner dengan membuka toko kue, membuka catering, warung makan, coffee shop, atau restoran.

Jika Anda lihai dalam hal desain dan pasangan Anda pandai dalam bidang markettng, tak ada salahnya jika Anda dan pasangan mencoba membuka percetakan atau membuka bisnis distro, tentunya dengan desain Anda sendiri.

2. Tentukan rencana dan strategi bisnis

Membicarakan rencana dan strategi bisnis yang akan Anda lakukan bersama pasangan sangat diperlukan, untuk menentukan arah dan tujuan bisnis yang akan dilaksanakan.

Di sinilah harus dibicarakan hal – hal yang berkaitan dengan bisnis yang akan Anda jalankan seperti:

  • Apa saja yang akan dijual?
  • Dimana Anda dan pasangan Anda akan membuka bisnis?
  • Berapa modal yang akan disetor masing – masing pihak?
  • Peran apa yang akan dijalankan oleh masing – masing pihak?
  • Bagaimana urusan marketing?
  • Bagaimana urusan keuangan?
  • Berapa pegawai yang akan direkrut, dan lain – lain.

Hal – hal tersebut harus dibicarakan dengan jelas dan terbuka agar apabila di kemudian hari terjadi masalah dengan bisnis tersebut, Anda dan pasangan dapat dengan mudah memecahkan masalah dengan solusi yang terbaik tentunya.

3. Profesional dalam menjalankan bisnis

Bersikap profesional sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang Anda jalankan. Jangan campur adukkan urusan domestik dengan urusan yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Jangan bicarakan mengenai masalah rumah tangga di kantor / tempat usaha Anda, begitu pula sebaliknya, jangan bicarakan mengenai masalah bisnis Anda di rumah.

Selain dapat memicu hubungan yang tidak harmonis dalam hubungan rumah tangga Anda, hal ini dapat pula mengganggu hubungan Anda dengan relasi dan mitra bisnis Anda, yang akan berakibat pada kemunduran bisnis yang sedang Anda kelola bersama pasangan.

**

Nah, itulah 3 hal penting yang harus diperhatikan dan diterapkan jika Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis bersama pasangan.

Selamat mencoba dan semoga sukses.