Loading...

Aneka Rempah Untuk Kulit Cantik

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Aneka Rempah Untuk Kulit CantikTERUSKAN.COM – Kulit tidak hanya sebagai organ terbesar pada tubuh manusia tetapi juga sebagai pelindung organ dalam tubuh.

Selain itu, kulit juga dapat menunjang penampilan seseorang. Karena itu, perawatan bukan hanya penting untuk dilakukan pada organ dalam, melainkan juga kulit.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, salah satu cara yang banyak dilakukan yaitu dengan menggunakan produk perawatan kulit. Namun, perawatan kulit yang umumnya menggunakan bahan kimia tidak akan menjamin kesehatan kulit Anda, bahkan hanya berlaku untuk jangka pendek.

Loading...

Nah, masih ada cara lain yang lebih aman untuk perawatan kulit yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan rempah-rempah.  Di samping aman, rempah-rempah juga ini memberikan manfaat dalam jangka panjang.

1. Chamomile dan Ginseng

Tumbuhan ini biasanya digunakan para ibu untuk memasak, tapi penggunaan nyata dari tumbuhan ini biasanya diolah menjadi teh.

Chamomile dan gingseng mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Tidak hanya itu, rempah ini juga akan membersihkan dan mendetoksifikasi kulit sehingga akan memberikan kecantikan alami pada kulit.

Mengonsumsinya dalam bentuk teh  juga membantu Anda melembabkan dan mencerahkan kulit.

2. Rosemary, Thyme dan Echinacea

Rempah-rempah ini mengandung mineral, antioksidan dan bioflavonoid yang sangat bagus untuk kulit.

Meskipun Anda menambahkannya dalam jumlah kecil pada makanan atau masakan, namun manfaat yang diberikan akan sangat besar. Kulit akan menjadi sehat dan bercahaya.

3. Kunyit

Kunyit adalah ramuan Asia yang sudah banyak digunakan dalam perawatan kecantikan. Biasanya kunyit diubah menjadi pasta untuk  menyingkirkan bintik-bintik gelap dan pigmentasi.

4. Rosemary

Rosemary diketahui  memiliki kandungan antijamur, antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-diabetes.

Selain itu juga memiliki sifat kanker preventif yang bertindak sebagai bantuan pencernaan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain untuk pencernaan, rosemary juga sangat baik untuk kulit

5. Lidah Buaya

Meskipun tidak secara teknis, tanaman ini juga bagus untuk kulit Anda. Lendir dari lidah buaya akan mencegah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari dan juga menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar.

Jika Anda memiliki lidah buaya, Anda hanya perlu mengiris daun dan menerapkan jus pada kulit Anda untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

6. Calendula atau Marigold

Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan sifat antibakteri. Selain itu juga mengandung jumlah flavonoid (antioksidan) yang tinggi yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bila diterapkan dalam bentuk krim, calendula dapat mengobati radang dan infeksi kulit, luka bakar, memar, luka, eksim, dan wasir.

Makeup dan perawatan kecantikan lainnya memang memberikan hasil yang instan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, ini hanya bersifat sementara.

Menggunakan  rempah-rempah adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan kulit indah. Selain itu juga mengurangi resiko masalah kulit karena terlalu sering terkena bahan kimia dari produk kulit.

Semoga bermanfaat!

(photo: www.stuartwilde.com)