Loading...

Pentingnya Vitamin B2 atau Riboflavin

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan

Vitamin B2 atau RiboflavinTERUSKAN.COM – Vitamin B2 juga sering disebut dengan istilah Riboflavin, yang merupakan semacam vitamin mudah larut di dalam air dan tidak bisa disimpan tubuh.

Karena itulah maka semua orang wajib untuk mendapatkan vitamin B2 yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuhnya setiap hari.

Vitamin B2 ini tentu saja memegang peranan yang sangat penting untuk memproduksi tenaga dan energy. Selain itu, asupan vitamin ini juga merupakan tambahan nutrisi penting di dalam makanan yang Anda santap.

Loading...

Vitamin B2 memang sangat penting dalam melakukan proses pengubahan karbohidrat menjadi senyawa gula yang juga dikenal dengan sebutan glukosa.

Seperti yang kita ketahui, tanpa mendapatkan asupan glukosa, tubuh kita tidak dapat memproduksi tenaga. Tentu saja hal itu menimbulkan dampak negatif bagi tubuh yang mengalami kesulitan untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain itu, para ahli kesehatan juga menyarankan semua orang, terutama bagi para wanita untuk mengonsumsi vitamin ini karena juga berperan penting dalam hal kecantikannya.

Vitamin B2 merupakan nutrisi kecil yang mudah diserap tubuh karena mudah larut dalam air. Vitamin B2 adalah komponen utama dari FMN dan juga FAD kofaktor sehingga dibutuhkan oleh manusia.

Sejarah ditemukannya vitamin B2 dimulai pada tahun 1879, sementara biologis fungsinya baru ditemukan pada 1932 silam. Riboflavin berasal dari kata kuning dalam bahasa Latinnya flavus.

Riboflavin memang akan memfokuskan konsentrasi pada tiga bagian seperti berikut :

1. Bagian jantung

Vitamin B2 memiliki konsentrasi tinggi di dalam jantung yang merupakan hasil ketergantungan yang tidak biasa pada produksi aerobic berbasiskan oksigen. Ketika itu, vitamin B2 berperan untuk memperlancar produksi energy tersebut untuk bisa terjadi secara rutin.

2. Bagian ginjal

Vitamin B2 mengkonsentrasikan ginjal sebagai penyedia eliminasi molekul yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

3. Bagian liver

Peran vitamin B2 yang menonjol adalah yang merefleksikan tindakan sebagai satu titik pusat dalam melakukan proses metabolic di liver.

ANEKA MANFAAT VITAMIN B2

Vitamin B2 sebagai anggota keluarga dari vitamin B kompleks juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah :

  1. Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan organ-organ reproduksi seperti mata, kulit dan sistem saraf.
  2. Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  3. Menyehatkan kuku dan kulit, serta rambut yang tumbuh di kepala kita.
  4. Mengatur aktivitas kelenjar tiroid supaya tidak berlebihan dan menimbulkan pembengkakan pada bagian leher.
  5. Vitamin B2 juga dapat mengobati orang yang sudah kecanduan alkohol supaya dapat mengurangi dan lama-lama bisa menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut.
  6. Seperti yang dimiliki vitamin B1, vitamin B2 juga dapat mengurangi stress pada seseorang. Dengan mengonsumsi vitamin B2 yang cukup, mood kita bisa ditingkatkan untuk terus baik dan tidak mudah bad mood.
  7. Vitamin B2 berfungsi penting untuk melancarkan proses metabolisme, karbohidrat, lemak, dan protein di dalam tubuh.
  8. Memperkuat antibody di dalam tubuh untuk dapat melawan bakteri, kuman, dan virus-virus penyakit berbahaya yang menyerang.
  9. Vitamin B2 juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kita. Yaitu dengan meningkatkan pengeluaran minyak dan lendir yang terdapat pada kulit dan mencegah timbulnya jerawat di wajah kita.
  10. Vitamin B2 dapat menghancurkan radikal bebas yang juga berimbas untuk memperlambat penuaan diri, misalnya dengan memperlambat proses keriput pada kulit dan tumbuhnya uban.
  11. Bermanfaat baik untuk memaksimalkan fungsi dan kinerja otak.
  12. Vitamin B2 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, menghindarkan kita dari penyakit katarak ataupun ketegangan mata yang menyebabkan penyakit glaucoma.
  13. Vitamin B2 bermanfaat untuk menjaga selaput lendir yang terdapat pada saluran pencernaan di dalam tubuh dan juga menjaga otot yang terletak di semua saluran.
  14. Memperbaiki sel-sel tubuh dan oksigen yang rusak.
  15. Vitamin B2 juga bisa menjadi antioksidan. Ketika harus keluar rumah untuk menjalankan sederet aktivitas rutin setiap harinya, sudah pasti kita banyak menghirup udara kotor, seperti polusi udara, asap rokok, dan asap kendaraan. Jika dibiarkan begitu saja, maka tubuh kita dengan mudah dapat lemah dan merusak jaringan. Maka dari itu, kita harus mengonsumsi vitamin B2 secukupnya.

SUMBER VITAMIN B2

Sumber vitamin B2 sebenarnya sangat mudah ditemukan dan bisa kita dapatkan dari berbagai makanan yang ada di sekitar, meskipun tidak semua memiliki tingkat konsentrasinya yang tinggi.

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B2 adalah sebagai berikut :

Susu

Baik susu sapi ataupun kedelai sama-sama baik dan mengandung vitamin B2. Meskipun susu kedelai berbeda rasa dengan susu sapi murni, tetapi saat ini susu kedelai juga sudah populer dan mampu bersaing dengan susu sapi.

Susu kedelai juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah banyak dari susu sapi. Dengan meminum susu, dipercaya dapat memperbaiki mata yang rusak dan mencerahkan penglihatan.

Telur

Vitamin B2 yang terkandung dalam 100 gram telur adalah sekitar 0,6 mcg. Siapa di antara kita yang tidak menyukai telur? Tentu saja hampir setiap orang gemar menyantap telur, baik untuk sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam.

Telur ayam juga bisa kita temukan dengan mudah dimana saja, baik di pasar-pasar tradisional, warung-warung, toserba, dan supermarket modern. Telur juga sangat baik untuk memenuhi zat besi yang diperlukan tubuh kita.

Buah tomat

Selain mengandung vitamin A, buah tomat juga mengandung 0,5 vitamin B2 pada setiap 100 gram-nya. Di jaman modern sekarang ini kita dengan mudah dapat mengonsumsi tomat, baik yang disudah diolah menjadi saus tomat, bumbu masakan, dan sebagai topping pizza. Untuk itu, kebutuhan harian Anda terhadap buah ini sangat mudah untuk dipenuhi.

Sayur bayam

Vitamin B2 memang banyak terkandung di bayam. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin K yang berfungsi untuk merawat kulit agar selalu sehat dan cerah, mencegah penuaan dini, dan melancarkan sistem pencernaan.

Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kita menghangatkan sayur bayam yang sudah dimasak, karena dapat menimbulkan racun. Untuk itu, sebaiknya memasak sayur bayam seperlunya saja dan langsung dimakan hingga habis.

Bebek

Daging bebek dalam setiap 100 gramnya mengandung 0,6 mg vitamin B. Selain itu, daging bebek juga mengandung banyak vitamin B kompleks yang lain sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Sumber lain

Beberapa sumber vitamin B2 lainnya adalah buah alpukat, ikan salmon, brokoli, belut, kerang, biji bunga matahari, ragi, hati ayam, dan kacang-kacangan.

KEKURANGAN VITAMIN B2

Sementara ciri-ciri kekurangan vitamin B2 yang harus kita ketahui adalah :

  • Kulit terkelupas terutama di bagian hidung
  • Kulit pada bagian sudut mulut pecah-pecah
  • Terasa perih di bagian lidah
  • Iritasi jika terkena cahaya, baik cahaya dari matahari langsung ataupun lampu sensor
  • Mata terasa gatal dan panas