Loading...

Turunkan Kadar Kolesterol dengan 7 Makanan Ini

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Turunkan Kadar Kolesterol dengan 7 Makanan IniTERUSKAN.COM – Memang, tidak semua kolesterol buruk. Namun kolesterol LDL jelas bertanggung jawab atas sebagian besar penyakit jantung saat ini.

Pola makan yang buruk biasanya merupakan penyebab utama kadar kolesterol tinggi, jadi jika Anda lebih berhati-hati dan berusaha mengurangi risiko kolesterol tinggi atau menurunkan kadar kolesterol Anda saat ini, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengubah pola makan dan gaya hidup Anda.

Rencana diet untuk menurunkan kadar kolesterol melibatkan penambahan makanan yang menurunkan kolesterol LDL, dan mengurangi konsumsi makanan yang menaikkan kadarnya.

Loading...

Berikut adalah makanan yang akan membantu memperbaiki kadar kolesterol Anda namun dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam makanan Anda, dilansir dari You Queen:

Oat

Jika Anda ingin memperbaiki kadar kolesterol Anda, Anda mungkin ingin beralih dari sarapan biasa telur dengan semangkuk oatmeal atau produk sejenis berbasis oat seperti sereal berbasis oat.

Oatmeal memberi Anda setidaknya dua gram serat larut, dan ahli gizi merekomendasikan rata-rata orang untuk mengonsumsi setidaknya 20 sampai 35 gram serat dalam sehari untuk mencapai tubuh yang sehat.

Serat juga berperan untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat. Selain gandum, Anda juga mungkin ingin mencoba gandum yang juga kaya serat.

Biji-Bijian

Kacang juga kaya serat larut, dan sedikit lebih berat pada perut, membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan sekaligus memerangi kolesterol, konsumsi kacang untuk makan siang atau makan malam bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi kalori dengan tetap menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Anda dapat memilih dari berbagai macam biji-bijian, sehingga lebih bervariasi.

Kedelai

Studi menunjukkan bahwa konsumsi produk berbasis kedelai seperti susu kedelai dan tahu dapat menurunkan kolesterol jika dikonsumsi setiap hari.

Itu merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menurunkan kolesterol, karena mengonsumsi setidaknya 25 gram protein kedelai per hari memungkinkan Anda untuk menurunkan kolesterol LDL Anda hingga 6%.

Lemak Ikan

Lemak ikan, terutama salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang menurunkan kadar kolesterol dan melawan penyakit seperti demensia dan penyakit jantung sekaligus menurunkan risiko serangan jantung.

Beberapa studi menunjukkan bahwa jika Anda mengganti lemak jenuh dengan makanan kaya omega-3 seperti sarden dan salmon, Anda bisa meningkatkan kadar kolesterol baik Anda minimal 5%.

Minyak Zaitun

Ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Makanan super ini memiliki sejumlah besar manfaat, ditambah lagi menurunkan kadar kolesterol karena jumlah yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, yang juga dikenal untuk melawan kolesterol LDL.

Minyak zaitun juga dikenal untuk pemangkasan lemak perut dan melawan perkembangannya, dan kita tahu bahwa lemak perut tinggi sama dengan kolesterol buruk dalam jumlah tinggi.

Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond dan kenari telah ditemukan baik bagi jantung. Dapatkan minimal 2 ons dalam diet harian Anda, tetapi jangan berlebihan.

Suplemen

Penuhi asupan harian Anda dengan suplemen yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mulai dengan suplemen stanol dan sterol, atau makanan yang diperkaya dengan keduanya.

Mendapatkan paling sedikit 2 gram senyawa nabati ini setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL setidaknya 10%. Hal ini juga membantu Anda mendapatkan serat dalam diet dengan mengonsumsi suplemen serat larut setiap hari.

(photo: www.tumblr.com)