Loading...

Tips Sukses Membuat Cake Bertekstur Lembut

Penulis: Nila Rubrik: Resep

Tips Sukses Membuat Cake Bertekstur Lembut TERUSKAN.COM – Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Membuat kue sendiri di rumah, misalnya.

Jenis kue yang menjadi favorit di antara semua kalangan untuk dicoba adalah jenis cake dan kue bolu, kue yang mempunyai cita rasa lezat, tekstur lembut dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya tepat untuk dinikmati sebagai cemilan sehat keluarga.

Bagi yang ingin belajar membuat cake, jangan langsung memilih salah satu resep cake yang Anda inginkan. Terlebih dahulu ketahui seluk-beluk mengenai proses pembuatan cake dan tips atau cara mengolahnya.

Loading...

Dengan mempelajari cara pengolahan cake yang tepat, dapat membantu Anda mengurangi risiko gagal. Nah, jika Anda termasuk pemula, simak tips berikut:

1. Menyiapkan alat dan bahan

Ya, langkah pertama tentunya ialah menyiapkan alat dan bahan yang akan diperlukan untuk membuat kue. Selanjutnya adalah mengetahui teknik mengocok adonan.

Ketika pertama kali mengocok telur, gunakan kecepatan rendah agar telur benar-benar menyatu dengan bahan-bahan lainnya, seperti gula dan emulsifer. Setelahnya, naikkan kecepatan untuk mengembangkan adonan, barulah memakai kecepatan tertinggi untuk mengokohkan adonan.

2. Mengaduk adonan

Saat memasukkan tepung ke kocokan telur, lakukan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata.

Aduk perlahan dengan menggunakan spatula mulai dari permukaan paling atas adonan sampai menyentuh dasar kom (wadah adonan mixer) supaya tidak ada cairan atau tepung yang tersisa mengelilinginya. Gerakan yang dilakukan jangan terlalu keras, karena akan membuat adonan menjadi kempis.

3. Menuang adonan

Apabila anda memilih resep yang menggunakan cairan, seperti lemak cair, susu cair dan santan, tuang ke adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan dengan memakai spatula.

4. Memanggang adonan

Sebelum memanggang adonan kue, panaskan oven terlebih dahulu kurang lebih 5-10 menit supaya proses pengembangan kue menjadi sempuna. Suhu yang dipakai harus disesuaikan dengan jenis kue yang akan dibuat, ikuti petunjuk resep.

Saat adonan dimasukkan ke dalam oven, jaga suhu jangan sampai terlalu tinggi karena bagian pinggir kue menjadi mudah gosong dan bagian dalam kue tetap mentah.

Namun perlu juga diperhatikan agar suhu jangan terlalu rendah, karena mengakibatkan kue bantat. Pintu oven jangan dibuka sebelum adonan mengembang sempurna karena selama waktu tersebut adonan kue dalam proses turun (kembang kempis).

5. Menghias

Sebelum menghias kue, perlu Anda ketahui bahwa bolu atau cake harus dalam kondisi dingin supaya buttercream atau ganache tidak mudah meleleh.

Langkah awal dimulai dengan bagian tengah cake diisi selai (krim), belah kue menjadi dua bagian, gunakan pisau khusus bergerigi, gergaji kue, atau benang. Terlebih dahulu beri tanda di sekeliling kue dengan memakai lidi atau goresan pisau, baru dibelah secara perlahan supaya hasilnya lurus dan rapi.

Setelahnya bersihkan remahan kue agar permukaan kue yang akan dipoles dengan selai atau krim agar terlihat rapi dan menarik.

Setelah mengetahui seluk-beluk mengenai proses pembuatan cake dan tips atau cara mengolahnya. Selamat mencoba.

(photo: myrecipes.com)