Loading...

Waspadai Penyebab Perut Mudah Kembung

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Waspadai Penyebab Perut Mudah KembungTERUSKAN.COM – Tidak sedikit orang yang terkadang sering mengalami perut kembung, hal ini tentunya akan mengakibatkan perasaan tidak nyaman pada siapa saja.

Perut kembung biasanya disebabkan karena tubuh tidak mampu memecah gas atau karena pola makan Anda yang terkesan rakus. Apabila udara dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan, maka udara bisa menumpuk yang kemudian akan membuat perut Anda menjadi kembung.

Nah, selain cara pencegahan yang tepat, hal yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah faktor apa saja sebenarnya yang dapat menyebabkan perut mudah kembung.

Loading...

1. Stres

Pada saat Anda sedang mengalami depresi ataukah stres berat, salah satu reaksi tubuh yang akan terjadi terkadang menyebabkan aliran darah menjauh dari bagian pencernaan, hal inilah yang kemudian menjadi penyebab utama Anda mengalami kembung, sulit buang air besar, serta perut akan terasa mulas.

Di samping rasa stres dan depresi yang Anda rasakan, cara Anda mengatasinya juga dapat dikatakan mampu mengakibatkan perut mudah kembung, misalnya saja saat merasa cemas, orang cenderung mengunyah permen karet ataukah mengkonsumsi minuman bersoda.

Ini tentu saja akan memperparah keadaan perut Anda karena dapat mendorong lebih banyak udara masuk ke dalam perut Anda.

2. Obat-obatan

Seperti yang telah diketahui secara luas, obat-obatan dapat memberikan berbagai efek samping pada tubuh, salah satunya adalah perut kembung.

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat mengakibatkan perut kembung, seperti obat diabetes dan obat lainnya yang mengandung laktulosa atau sorbitol.

Jadi amati dengan cermat obat-obatan sebelum mengkonsumsinya.

3. Kebanyakan makan

Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya perut kembung adalah ketika Anda mengkonsumsi makanan terlalu rakus, cara mengunyah makanan yang terlalu tergesa-gesa, serta keseringan minum dengan menggunakan sedotan.

Ini adalah hal umum yang paling sering dilakukan kebanyakan orang, yang sebenarnya menjadi penyebab perut kembung karena dapat membuat udara menumpuk di perut.

Di samping itu mengunyah makanan dengan tidak sempurna dapat berdampak pada berkurangnya kemampuan tubuh dalam mencerna karbohidrat. Yang pada akhirnya dapat memicu lebih banyak gas pada perut sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman.

4. Dehidrasi

Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka hal itu akan menyebabkan tubuh menahan cairan. Saat Anda merasakan bahwa tubuh menahan cairan, maka gejala yang akan timbul antara lain jarang buang air kecil dan perut terasa kembung.

Ini dapat dikatakan sebagai cara tubuh mengingatkan Anda untuk mengkonsumsi lebih banyak air. Dan penting untuk diingat bahwa Anda perlu menghindari segala jenis minuman bersoda.

5. Makanan mengandung gas

Tidak hanya minuman, makanan juga terkadang mengandung gas di dalamnya. Misalnya saja sayuran seperti brokoli, kol, serta buah apel dan alpukat, ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung gas.

Selain itu, ketika Anda mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih, maka tubuh akan menahan cairan sehingga membuat perut Anda menjadi kembung.

6. Kondisi medis

Kondisi medis juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan perut mudah kembung. Gangguan kesehatan seperti stres pada usus, dan gangguan lain yang berkaitan dengan pencernaan dapat menimbulkan kembung pada perut Anda.

(photo: nbcnews.com)