Loading...

7 Tips Efektif Mengatasi Sifat Sering Terlambat

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja

7 Tips Efektif Mengatasi Sifat Sering TerlambatTERUSKAN.COM – Apakah Anda termasuk orang yang suka datang terlambat?

Baik dalam sebuah janji, pertemuan atau kesempatan lainnya, misalnya dalam pekerjaan maupun hal-hal kecil lainnya.

Sifat sering terlambat mungkin dirasakan tidak hanya menyusahkan Anda sendiri, namun juga orang lain.

Loading...

Mungkin sesekali pernah terjadi saat teman-teman Anda memundurkan jadwal janji temu karena mereka tahu Anda pasti datang terlambat.

Sifat yang satu ini mungkin dimiliki banyak orang, namun karena akibat yang ditimbulkannya cukup besar terutama terhadap lingkungan sosial di sekitar Anda, Anda sepatutnya mulai merubah sifat yang satu ini.

Berikut adalah beberapa tips dan cara efektif berhenti menjadi orang yang suka datang terlambat.

1. Persiapan Lebih Awal

Salah satu alasan mengapa orang sering terlamat adalah karena ia tidak cepat-cepat dalam bersiap, seperti mengenakan pakaian, mengatur jadwal makan pagi dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba melakukan persiapan lebih awal. Dalam hal memilih baju misalnya, usahakan untuk mempersiapkan baju yang ingin Anda kenakan pada malam sebelumnya agar keesokan harinya Anda tidak perlu repot berlama-lama memilih baju.

Begitu juga untuk persiapan hal lainnya, karena bersiap-siap pada saat-saat akan berangkat selalu membuat Anda terlambat.

2. Perhitungkan Waktu

Orang yang sering terlambat biasanya cenderung buruk dalam hal mengelola waktu (time management). 

Untuk menghindarinya, Anda dapat memulai untuk mengelola waktu dengan lebih baik dengan memperhitungkan waktu yang Anda butuhkan untuk datang tepat waktu.

Seperti jika Anda berkendara, maka pertimbangkan kemungkinan lain seperti macet dan lain sebagainya.

3. Tidur Lebih Awal dan Nyenyak

Penyebab lain seseorang sering terlambat adalah kurangnya waktu tidur, maupun kualitas tidur yang buruk sehingga seseorang sulit untuk bangun lebih awal dan datang tepat waktu.

4. Mencatat Jadwal

Orang-orang yang pandai mengelola waktu biasa adalah orang-orang yang sering mencatat jadwal kegiatannya sehingga mereka dapat memperhitungkan dengan baik untuk datang tepat waktu.

Anda juga dapat melakukannya dengan cara mencatat jadwal kegiatan Anda, terutama jadwal janji dan pertemuan untuk menghindari keterlambatan.

5. Beri Diri Anda Sendiri ‘Hadiah’

Seseorang yang cenderung sering terlambat harus melakukan usaha yang tidak mudah untuk menjadi orang yang selalu datang on time. 

Oleh sebab itu, jika Anda sudah mulai sering datang tepat waktu, Hargai diri Anda dengan beberapa ‘hadiah’ seperti buku agenda baru, waktu luang untuk bersantai dan lain sebagainya.

6. Pertimbangkan Akibat Menjadi Orang yang Suka Terlambat

Seseorang yang sering terlambat sering membuat citra negatif untuk dirinya sendiri, karena suka terlambat menandakan orang tersebut cenderung tidak peduli, menyepelekan sesuatu hingga sulit fokus.

Pertimbangkan apa yang orang lain anggap tentang diri Anda jika Anda suka datang terlambat. Hal ini dapat menjadi motivasi untuk merubah sifat yang satu ini.

7. Kenali Konsekuensinya

Tak jauh berbeda dengan poin di atas, konsekuensi orang yang sering terlambat tidak hanya ia rasakan sendiri, namun juga pada orang lain.

Beberapa konsekuensi sering datang terlambat adalah hilangnya kepercayana orang lain terhadap Anda, bahkan jika Anda memiliki anak, anak-anak bisa saja meniru sifat anda.

***

Itulah 7 tips efektif mengatasi sifat sering terlambat. Semoga bermanfaat dan be on time.