Loading...

5 Tips Sukses Menjual Barang Bekas

Penulis: Amanda Rubrik: Bisnis

5 Tips Sukses Menjual Barang BekasTERUSKAN.COM – Saat ini menjual barang bekas sudah bukan hal yang asing lagi. Konsepnya juga dikenal banyak memberikan manfaat.

Selain mengurangi sifat konsumtif karena kita menggunakan barang yang telah dibeli orang lain (bukan produksi baru dari pabrik), orang yang menjual pun mendapatkan tidak hanya uang, namun juga mengurangi jumlah barang bekas yang menumpuk.

Di negara-negara barat, konsep menjual barang bekas biasa disebut garage sale yang biasa mereka adakan di garasi rumahnya sendiri. Ada juga dalam acara yang lebih besar seperti flea market atau pasar barang bekas.

Loading...

Barang bekas pun tidak lagi identik dengan barang yang jelek dan rusak, namun barang yang masih dalam kondisi bagus dan memiliki nilai tersendiri. Tak jarang jika beberapa barang antik yang dijual dapat dibeli dengan harga yang sangat tinggi.

Jika Anda memiliki banyak barang di rumah yang tidak lagi terpakai, daripada menumpuk dan menjadi sarang debu, mengapa tidak dijual saja?

Sekarang juga banyak yang menjual barang bekas lewat internet melalui cara online karena lebih efektif dan lebih  mudah ditemukan oleh pembeli.

Berikut adalah beberapa tips sukses menjual barang-barang bekas Anda:

1. Seleksi

Pembeli mungkin tak keberatan dengan barang yang sudah terpakai, namun tetap ingin memiliki barang yang tampak seperti baru.

Oleh sebab itu seleksi barang yang Anda jual dengan baik, dari segi kualitasnya. Jangan menjual barang yang memang kiranya tidak layak pakai, seperti sobek, retak, terkena noda yang susah hilang dan lain sebagainya.

Seleksi pula mana barang yang sekiranya layak jual dan yang patut dibuang saja.

2. Jujur Akan Kondisi

Beberapa masalah yang timbul saat menjual barang bekas adalah penjual yang tidak jujur akan kondisi barang yang dijualnya.

Jika ada beberapa kekurangan, maka sebaiknya Anda katakan dengan jujur bahwa kondisinya tidak lagi seperti baru.

Hal ini akan menghindari Anda dari pembeli  yang kecewa akan barang yang telah dikirim dan juga testimoni negatif.

3. Cek Harga

Menentukan harga barang bekas memang tidak terlalu sulit, semakin murah tentu semakin besar kesempatan barang tersebut terbeli.

Namun, untuk beberapa barang bermerk maupun yang memiliki nilai khusus, sebaiknya cek dulu kisaran harga baru maupun harga barang bekas serupa di pasaran.

Hal ini dapat menghindari Anda dari memasang harga yang terlalu mahal sehingga tidak ada yang membeli, atau harga yang terlalu murah sehingga Anda pun rugi.

Anda dapat mengeceknya lewat internet melalui website asli produk tersebut, maupun menanyakan pada yang ahli tentang barang tersebut.

4. ‘Kemasan’ yang Baik

Jika Anda menjualnya di pasar barang bekas, usahakan untuk membuat penataan barang yang baik dan tidak berantakan. Hal ini akan memudahkan pembeli melihat barang serta jauh dari kesan jelek.

Selain itu, pertimbangkan juga kebersihan barang hingga kemasan pengiriman yang Anda lakukan.

5. Hubungan Baik dengan Pembeli

Seperti proses bisnis lainnya, jaga hubungan baik dengan pembeli dengan respon yang cepat, ramah dan jujur.

Jangan lupa minta pembeli untuk menulis testimoni agar Anda semakin dipercaya dalam hal jual beli.

***

Dengan 5 tips di atas, barang bekas Anda diharapkan laris terjual. Semoga bermanfaat.