Loading...

5 Jenis Makanan Alami untuk Kulit Sehat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

5 Jenis Makanan Alami untuk Kulit SehatTERUSKAN.COM – Kita semua pasti ingin memiliki kulit sehat dan bersinar bukan? Sementara beberapa dari Anda mungkin sudah memiliki kulit cantik alami, namun beberapa orang perlu berusaha keras untuk mendapatkannya.

Banyaknya jenis produk perawatan kulit yang ditawarkan, menjanjikan hasil  yang sangat singkat.

Namun, dengan penggunaan produk tersebut maka akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan dan bahkan akan memberikan efek ketergantungan.

Loading...

Ingat, produk perawatan memang memberikan hasil positif tetapi tidak bertahan lama.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan makanan untuk mendapatkan kulit cantik akan lebih aman dan terjamin. Bukan hanya kulit cantik, tetapi juga memberikan kesehatan untuk tubuh secara tidak langsung.

Nah, beberapa jenis makanan di bawah ini akan memberikan kecantikan dan kesehatan kulit meskipun kenyataannya sering diabaikan:

1. Asam Lemak Esensial (EFA)

Dengan menggabungkan unsur-unsur dalam bentuk makanan alami, daripada mengonsumsi suplemen, akan membantu Anda mendapatkan kulit cantik.

Tujuan utama dari asam lemak Omega-3 atau EFA adalah untuk mencegah masuknya komponen berbahaya dan mengeluarkan limbah produk dari sel-sel kulit. Selain itu juga akan memelihara sel kulit agar tetap sehat yang hasilnya Anda akan mendapatkan kulit muda, cantik dan sehat.

EFA banyak ditemukan pada ikan salmon dan ikan berminyak lainnya, biji rami dan kenari. Selain asam lemak omega-3, makanan ini secara langsung terlibat dalam kesehatan fungsi tubuh Anda karena salmon mengandung gizi lainnya seperti vitamin B12, selenium, kalium dan protein.

2. Biji-bijian

Gandum murni mengandung banyak serat dan juga banyak kandugan antioksidan yang selain meningkatkan kesehatan kulit, membantu menormalkan kadar gula dan menghindari insulin agar tidak meningkat.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari biji-bijian, memilih makanan yang kaya serat dan rendah gula salah satu caranya. Sementara gandum adalah pilihan yang baik untuk itu.

Cobalah beralih ke butir konvensional seperti millet dan quinoa dan amati perbedaannya. Tiga ons biji-bijian dalam bentuk roti, nasi, kerupuk dan sereal menjadi kebutuhan kulit yang akan memberikan kesehatan dan kecantikan kulit.

3. Buah-buahan dan Sayuran Berdaun Gelap

Buah-buahan dan sayuran yang memiliki daun berwarna gelap bekerja seperti sihir pada kulit.

Beet, kubis ungu atau wortel, delima, anggur merah dan hitam dan semua sayuran berwarna cerah, semuanya dikemas  dengan kandungan nutrisi  didalamnya dan tidak Anda dapatkan dari produk perawatan kulit.

Kabar baiknya adalah bahwa makanan ini juga tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga memberikan kesehatan yang akan memastikan tubuh tetap sehat dan bugar.

4. Blueberry

Berbicara tentang kulit, pastinya tidak bisa dipisahkan dari radikal bebas. Karena ini, antioksidan sangat diperlukan.

Nah, untuk antioksidan yang berlimpah dapat Anda temukan pada blueberry. Sebagai sumber terbesar dari antioksidan, blueberry membantu melawan radikal bebas yang akan merusak sel-sel sehat.

Hasilnya, kulit  tampak lebih muda dan sehat. Blueberry juga mengandung banyak riboflavin, vitamin E, mangan, vitamin C dan serat.

5. Air

Mungkin, salah satu pendukung terkuat dan terbaik untuk kulit cantik dan sehat adalah air. Air akan meregenerasi ulang sel-sel kulit yang telah mati.

Air akan memfasilitasi hidrasi dalam tubuh dan mengeluarkan racun sehingga membuat kulit Anda tetap jernih dan bersih. (Air bukan dalam artian kafein atau soda.)

Menjaga kesehatan kulit bukan hanya dari luar, menjaganya dari dalam juga sangat penting. Ingat, kulit sehat berasal dari dalam dan luar. Karena itu, keseimbangan dari dalam dan luar diperlukan.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.womenshealthmag.com)