Loading...

5 Fungsi Utama dari Susu Almond

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

5 Fungsi Utama dari Susu AlmondTERUSKAN.COM – Almond yang biasanya ditemukan pada cokelat atau pelengkap cemilan bisa diubah menjadi susu dengan manfaat yang setara dengan almond. Ya, susu almond.

Susu almond merupakan salah satu bentuk populer dari jenis susu lain seperti susu sapi, skim, ataupun kedelai.

Susu almond sangat mudah dibuat, cukup dengan mencampur almond yang telah ditumbuk halus dengan air. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan hanya menggunakan blender sederhana.

Loading...

Nilai gizi pada almond juga tidak akan berkurang sehingga akan tetap memberikan manfaat kesehatan. Selain manfaat, susu almond juga memiliki 5 fungsi utama.

1. Rendah Kalori

Susu almond memiliki dua kali lipat kalsium baku susu dan 20% lebih sedikit kalori yang sangat bagus untuk Anda yang sedang menjaga berat badan. Selain rendah kalori, susu almond juga mengandung lemak jenuh.

Minum susu almond adalah cara mudah untuk mengurangi gula dan asupan kalori tanpa harus berusaha keras.

2. Penambah Rasa pada Masakan

Susu almond dapat menambahkan rasa pedas yang bagus untuk makanan dan memiliki rasa yang lezat dan bertekstur. Susu almond juga lebih beraroma daripada kedelai atau susu beras.

Bagi mereka yang vegan dan tidak bisa minum susu, atau jika Anda memiliki beberapa reaksi, alergi maka susu almond dapat digunakan sebagai susu  pengganti dalam resep karena memiliki konsistensi krim yang  baik mirip, dengan lemak susu secara keseluruhan.

3. Nilai Gizi

Susu Almond mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi jantung, dan menurunkan kolesterol. Susu almond mengandung sekitar satu gram protein dan satu gram serat makanan per porsi.

Membuatnya memiliki kandungan sumber kalsium yang banyak sehingga membantu menguatkan tulang. Karena almond mengandung mangan, vitamin E, selenium, magnesium, kalium, zat besi, serat, seng dan fosfor, menjadikan susu almond sangat baik sebagai salah satu sumber vitamin dan mineral.

Flavonoid, tingkat antioksidan yang tinggi, dan vitamin E dalam susu almond membantu mencegah kanker dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

4. Baik untuk Mencegah Alergi

Susu almond sangat bagus untuk orang-orang yang memiliki laktosa intoleransi, karena almond tidak mengandung laktosa. Biasanya bagi orang-orang dengan alergi terkait dengan gluten, akan memilih susu almond sebagai pengganti.

Untuk Anda yang memiliki alergi dengan susu sapi atau kedelai, maka susu almond dapat digunakan sebagai pengganti.

5. Mudah Dikonsumsi

Susu ini tidak memerlukan pendinginan seperti jenis susu lainnya. Anda dapat meletakkannya diluar lemari pendingin. Untuk susu almond yang beredar dipasaran,  tersedia dalam bentuk botol kecil.

Jika Anda merasa lapar, botol  dengan 200ml  susu almond akan membuat Anda merasa kenyang hingga beberapa jam ke depan dan  bekerja sekejap seperti minuman energi.

Jika Anda sulit mendapatkannya di pasaran, membuatnya di rumah akan lebih baik. Cukup dengan menghaluskan beberapa biji almond dengan menggunakan blender. Mudah dan sehat, bukan?

Semoga bermanfaat.

(photo: www.wishfulchef.com)