Loading...

5 Langkah Menaikkan Berat Badan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

5 Langkah Menaikkan Berat BadanTERUSKAN.COM – Sudah sangat sering kita mendapati orang-orang berbadan gemuk yang lebih memilih untuk memiliki badan kurus karena menganggap bahwa menaikkan berat badan adalah hal yang lebih mudah untuk dilakukan.

Padahal, sebagian besar orang kurus terkadang merasa depresi karena merasa sulit untuk menambah berat badan mereka meskipun mengkonsumsi makanan sesering mungkin dalam porsi yang besar.

Menurut seorang ahli, menaikkan berat badan sama halnya dengan menurunkan berat badan, keduanya harus Anda lakukan dengan cara yang sehat. Menambah ukuran berat badan dikatakan sama sulitnya dengan menghilangkan timbunan lemak dari dalam tubuh.

Loading...

Salah satu solusi untuk si kurus agar dapat menaikkan berat badan adalah dengan konsumsi makanan tinggi kalori namun dengan jumlah gizi yang seimbang.

Cemilan sering dianggap sebagai cara yang harus dilakukan jika ingin menaikkan berat badan, padahal mengkonsumsi kalori kosong seperti misalnya keripik atau minuman ringan merupakan cara tidak sehat yang sebaiknya Anda hindari.

Upaya untuk menambah berat badan harus Anda lakukan dengan mengamati nilai gizi pada makanan yang Anda konsumsi. Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral serta kalori agar dapat menjadikan tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Nah, bagi Anda yang memiliki badan kurus dan merasa sulit menjadi gemuk, simaklah lima cara berikut yang efektif untuk menambah berat badan Anda:

1. Makan 5 hingga 6 kali sehari

Apabila Anda memiliki nafsu makan yang cukup rendah, usahakan untuk makan sebanyak lima ataukah enam kali dalam sehari. Cara ini secara perlahan dapat memancing nafsu makan Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, minum air putih pada sebelum dan setelah makan juga berperan untuk memperbaiki nafsu makan.

Yang perlu Anda ingat adalah konsumsi air harus dilakukan beberapa menit sebelum makan, karena bisa jadi hanya air yang akan mengisi perut Anda hingga Anda merasa kenyang sebelum mengkonsumsi makanan.

2. Tambahkan kalori

Tambahkan kalori pada menu makanan Anda, seperti misalnya sertakan keju pada roti gandum saat sarapan. Atau taburkan nasi Anda dengan kacang halus.

Ini merupakan salah satu solusi yang baik untuk Anda pilih guna menambah berat badan.

3. Sarapan dengan makanan kaya serat

Anda dapat memilih makanan kaya serat seperti oatmeal atau sereal untuk menemani sarapan pagi Anda, tambahkan bahan lain untuk memadatkan kalori makanan seperti susu, kacang serta beberapa buah kering.

Selain menambah kalori, tambahan beberapa bahan tersebut juga akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

4. Membuat salad

Saat akan membuat salad, usahakan untuk menyertainya dengan minyak zaitun, kacang ataukah biji bunga matahari. Ini sangat efektif untuk menambah jumlah kalori serta gizi yang baik bagi tubuh Anda.

5. Pilih susu full cream

Pilihlah untuk menggunakan susu full cream saat akan membuat sup krim, dan sebaiknya mulai sekarang hindari susu rendah lemak.

Anda juga dapat menambahkan kentang halus yang telah ditumbuk ke dalam sup untuk menambah jumlah kalori di dalamnya.

Itulah beberapa langkah efektif untuk Anda menaikkan berat badan. Di samping langkah-langkah di atas, Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan ahlinya untuk mengatur pola serta menu makanan sehat yang harus Anda konsumsi untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal.