Loading...

Dessert Nikmat untuk Penderita Diabetes

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Wanita yang menderita diabetes sering menahan diri dari sajian makanan penutup dan permen karena harus menghindari makanan manis.

Namun, Anda tidak perlu lagi melakukan hal itu karena saat ini telah tersedia beberapa jenis gula yang memang dikhususkan untuk penderita diabetes dan Anda dapat membuat hidangan penutup apapun yang Anda inginkan.

Dessert Nikmat untuk Penderita Diabetes

Almond Brownie

Loading...

Jika Anda mengikuti diet diabetes yang sesuai dan tepat, maka ada beberapa jenis makanan penutup yang sehat yang bisa Anda coba. Penasaran?

1. Almond Brownie

Bahan:

1 kaleng sirup cokelat, gula 1 cangkir (gula diabetes), 4 telur, ½ cangkir mentega cair, 1 cangkir tepung, ½ sdm ekstrak almond dan garam

Cara membuat:

Siapkan mangkuk bersih untuk mencampur semua adonan. Campur mentega dan gula sampai mengembang. Setelah itu, tambahkan telur yang telah di kocok perlahan-lahan lalu campur hingga menyatu.

Tambahkan ekstrak almond dan sirup coklat kemudian aduk rata. Setelah itu, tambahkan sedikit garam, tepung, dan campuran hingga menjadi halus.

Tuangkan dalam sebuah loyang dan panggang sekitar dua puluh menit pada suhu 300 derajat. Frosting adalah bagian penting dalam membuat dessert. Gunakan coklat dan krim untuk frosting, jika diperlukan. Nikmatilah rasa lezat almond brownies!

2. Shortcake dengan Yogurt dan Berry

Bahan:

200 gram tepung terigu, 1 sdm gula (gula diabetes), 2 1/2 sdt baking powder, 30 gram mentega meleleh, 180 ml susu, garam dan stroberi,

Cara Membuat :

Siapkan mangkuk untuk mencampur semua bahan. Campurkan baking powder, gula, tepung, dan garam. Tambahkan mentega cair dan aduk sampai terlihat seperti remah-remah.

Tambahkan susu dan uleni campuran sampai adonan menjadi halus. Selanjutnya, gulung adonan dan potong menjadi bentuk kotak.

Setelah selesai, tempatkan potongan kue pada loyang datar dan panggang kurang lebih sekitar 12-15 menit. Jangan lupa untuk panaskan oven terlebih dahulu dan tunggu hingga berubah warna hingga menjadi coklat keemasan.

Lalu, potong  stroberi menjadi potongan-potongan kecil. Tempatkan potongan strawberry pada shortcake yang sebelumnya sudah disirami dengan yogurt. Gunakan yougurt yunani jika mungkin. Dua lapisan dapat dibuat dari yogurt dan stroberi. Nikmati!

3. Salad Buah dengan Yogurt

Untuk membuat salad bagi penderita diabetes, tidak memerlukan bahan khusus. Anda dapat menggunakan buah pilihan seperti apel, blueberry, stroberi, dan anggur. Potong semua buah-buahan dan tambahkan ke mangkuk yang sudah diisi dengan yogurt.

Tambahkan beberapa ekstrak vanili dan madu dalam yogurt sesuai dengan selera. Ini adalah dessert instan untuk penderita  diabetes   yang dapat disiapkan dalam beberapa menit.

Penderita diabetes tidak harus takut untuk menikmati dessert atau makanan penutup karena khawatir akan memperparah penyakitnya. Cukup dengan menggunakan gula khusus untuk penderita diabetes, maka sajian apapun dapat Anda buat.

Selain itu, gunakan sesuai dengan takaran yang tepat. Untuk Anda yang memiliki masalah diabetes parah, konsultasikan dengan dokter sebelum menyantap dessert.

Selamat mencoba.

(photo: allotment2kitchen.blogspot.com)