Loading...

10 Solusi Alami untuk Kuku Rapuh dan Mudah Patah

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Wanita

10 Solusi Alami untuk Kuku Rapuh dan Mudah PatahTERUSKAN.COM – Apakah kuku Anda rentan patah, terbelah atau mengelupas? Anda tidak sendirian. Kuku rapuh adalah masalah yang umum terjadi.

Sayangnya, kuku rapuh adalah keluhan yang sering dan tidaklah mengherankan karena begitu banyak faktor yang mempengaruhinya. Usia, makanan, seringnya mengaplikasikan cat kuku, paparan air dan bahkan cuaca dapat berperan.

Tapi sebelum Anda pergi membeli perawatan kuku terbaru yang harganya tidak murah, lihatlah 10 solusi alami ini. Anda mungkin memiliki segala yang dibutuhkan untuk merawat kuku Anda di dalam lemari dapur Anda!

Loading...

1. Rendaman minyak zaitun

Ada begitu banyak manfaat dari minyak zaitun. Ia merupakan bahan yang paling serbaguna dan kemungkinan ada di dapur Anda sekarang.

Tidak hanya terkenal karena kemampuannya dalam menurunkan kolesterol dan efektif melembabkan kulit dan rambut, tetapi juga mampu menembus, memperbaiki dan akhirnya memperkuat kuku Anda.

Cukup rendam kuku Anda dalam minyak zaitun extra virgin selama 10 menit setiap hari dan lihat sendiri hasilnya.

2. Minyak zaitun panas dan lemon

Bukan hanya minyak zaitun dingin yang dapat memberikan keajaiban. Minyak zaitun panas bahkan lebih baik, terutama bila dicampur dengan sari lemon untuk perawatan kuku mingguan bergizi.

Campur minyak zaitun panas dengan beberapa tetes sari lemon. Celupkan kapas dalam campuran, oleskan pada kuku Anda dan lindungi dengan sepotong foil. Biarkan selama 10 menit lalu angkat.

Kuku Anda akan terlihat lebih sehat, dan tentunya mengkilap. Sari lemon akan menyingkirkan semburat kuning mengerikan akibat terlalu sering menggunakan cat kuku.

3. Rendaman garam laut

Garam laut umumnya digunakan saat mandi untuk sifat penyembuhan dan meremajakan. Tapi bukan itu saja, Anda bisa menggunakannya untuk perawatan kuku.

Cukup campurkan 4 sendok teh garam laut dengan air hangat (serta beberapa tetes minyak gandum jika Anda memilikinya) dan rendam kuku Anda selama 10 menit. Kuku Anda akan terlihat jauh lebih sehat serta lebih kuat.

4. Milk Bath

Mengapa tidak memberikan kalsium dengan merendam kuku Anda dalam semangkuk susu hangat selama sekitar 5 menit?

Anda akan menemukan kuku Anda menjadi jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengelupas atau pecah, belum lagi mereka akan terlihat lebih putih. Anda bahkan dapat mencoba mencampurkannya kuning telur dan membiarkan tambahan protein menguatkan kuku Anda.

5. Tetesan tea tree oil

Tea tree oil adalah bahan serbaguna lain yang digunakan untuk segala sesuatu, mulai dari membersihkan jerawat hingga mengobati cacar air.

Tea tree oil merupakan antiseptik yang efektif dan pelembab yang luar biasa sehingga menerapkan beberapa tetes ke kuku Anda beberapa kali seminggu dapat menyembuhkan kerusakan akibat retak sebelumnya dan mengkondisikan kutikula Anda pada waktu yang sama.

6. Vaseline

Dehidrasi adalah penyebab utama dari kuku rapuh dan jika Anda sering mengecat kuku kuku maka Anda mungkin memperhatikan betapa keringnya kuku Anda.

Menerapkan Vaseline pada kuku Anda di malam hari adalah trik sederhana untuk membantu menjaga mereka tetap terhidrasi dan mencegahnya patah.

7. Perawatan dari dalam

Anda juga dapat membuat perbedaan besar pada kekuatan kuku Anda dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makan makanan kaya vitamin B biotin, misalnya.

Biotin ditemukan dalam berbagai produk termasuk kembang kol, kacang tanah dan kacang. Lemak jenuh juga penting untuk kuku yang sehat dan kuat, cobalah memasukkan alpukat dan minyak kelapa ke dalam diet Anda.

8. Kikir kuku

Something as simple as keeping the edges of your nails filed (and preferably rounded) means they will be far less likely to peel. Only file in one direction though, as a back and forth motion actually weakens the nail.

9. Pijatan

Tahukah Anda bahwa memijat kuku Anda dalam gerakan melingkar akan merangsang aliran darah ke daerah sehingga membantunya tumbuh lebih kuat?

Tidak ada obat yang jauh lebih murah daripada ini. Gunakan pelembab yang Anda miliki untuk tangan, tetapi jika Anda kebetulan memiliki salah satu yang berisi shea butter maka itu lebih baik.

10. Gunakan sarung tangan

Mungkin mengejutkan bagi Anda mengetahui bahwa air penyebab sebagian besar kerusakan kuku Anda. Ilmu di balik ini menyatakan bahwa kuku kita mengembang saat di dalam air dan berkontraksi saat pengeringan; justru proses ini yang membuat mereka lemah dan rapuh.

Sekarang, kami tidak menyarankan Anda melakukan sesuatu yang drastis seperti menghindari mandi. Cukup dengan memakai sarung tangan ketika Anda mencuci piring.

Ada beberapa sarung tangan berenda cantik yang ada di luar sana, jadi tak ada alasan untuk menolak memakainya.

(photo: www.tumblr.com)