Loading...

Inilah Manfaat Sehat Mandi di Pagi Hari

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Mungkin beberapa di antara kita cenderung malas mandi di pagi hari, bahkan walau aktivitas dimulai lebih awal.

Apalagi, jika sedang bersantai dan berlibur di akhir minggu. Rasa-rasanya ingin berlama-lama berada di atas kasur, enggan beranjak ke kamar mandi. Parahnya, mungkin di antara kita ada yang tidak mandi seharian saat sedang libur.

Inilah Manfaat Sehat Mandi di Pagi Hari

Loading...

Tapi, tahukah Anda bahwa mandi pagi ternyata menyimpan manfaat besar bagi kesehatan tubuh?

Mandi pagi yang baik adalah mandi sebelum subuh, antara pukul 04:00 hingga 05:00, karena dapat membuat badan kita menjadi lebih sehat dan kuat. Kemudian, selambat-lambatnya mandi pagi pukul 10:00, karena lebih dari waktu itu dapat menyebabkan sakit kepala.

Mandi sore yang baik adalah pukul 15:00 hingga 18:00. Mandi pada sore hari di waktu ini akan mempercepat proses pertumbuhan, khususnya bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Mandi lebih dari waktu itu dapat dapat merusak urat syaraf.

Bagi Anda yang bekerja hingga malam hari, usahakan mandi tepat waktu meski sedang libur. Dan berikut adalah manfaat mandi di pagi hari:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi pagi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sirkulasi sarah.

Mandi di pagi hari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berfungsi untuk membunuh kuman dan virus yang menyebabkan penyakit, sehingga tubuh kita akan lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Guyuran air yang membasahi tubuh juga akan memperlancar peredaran dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti darah tinggi.

2. Menghilangkan Stress

Mandi di pagi hari apalagi menggunakan air dingin dapat menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran serta jiwa, sehingga dapat menghindarkan dari stress atau depresi.

Selain itu dengan segarnya tubuh dapat menambah semangat kita dalam beraktivitas sehari hari.

3. Membantu Menguatkan Rambut

Mandi di pagi hari juga dapat membantu menguatkan rambut karena mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menutup kutikula rambut. Hal ini akan menjadikan rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

4. Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif pada kesehatan reproduksi.

Manfaatnya adalah untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah akan meningkat.

5. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari juga memiliki dampak positif pada kesehatan jaringan tubuh. Hal ini akan meningkatkan jaringan kulit, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal.

Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam di bawah mata.

 

Ketika sebagian besar dari kita berpikir untuk mandi, banyak yang berpikir untuk mandi di akhir hari. Yang pasti, mandi di malam hari memiliki banyak manfaat – membasuh stress di hari itu, mempersiapkan untuk tidur malam yang baik, dan lain sebagainya.

Tapi mandi di pagi hari merupakan cara yang baik untuk memulai hari Anda. Gunakan beberapa garam mandi yang dapat meremajakan, diresapi dengan aroma jeruk yang segar dan Anda akan merasa lebih berenergi, segar, dan siap untuk menjalani hari.

Yuk, biasakan mandi pagi setiap hari, mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

(photo: fitsugar.com)