Loading...

Ini Obat Pereda Nyeri Alami dari Dapur Anda

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Ini Obat Pereda Nyeri Alami dari Dapur AndaTERUSKAN.COM – Nyeri pada bagian tubuh adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Seperti nyeri sendi, nyeri gigi, nyeri haid, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, orang-orang masih cenderung menggunakan obat-obatan kimiawi, baik menggunakan obat pereda rasa nyeri yang banyak dijual bebas di pasaran maupun obat yang diresepkan oleh dokter.

Meskipun demikian, saat ini sudah banyak yang beralih ke pengobatan herbal, atau pengobatan menggunakan obat-obatan tradisional. Alasannya, karena harga obat tradisonal jauh lebih murah jika dibandingkan dengan obat-obatan kimiawi.

Loading...

Selain itu, obat-obatan tradisional juga memiliki efek samping yang cenderung lebih sedikit ketimbang obat kimiawi, karena asalnya yang memang dari alam. Bahkan, beberapa diantaranya sangat mudah kita temukan karena merupakan bumbu dapur yang biasa kita gunakan untuk memasak.

Seperti halnya obat pereda nyeri yang ampuh, terdapat beberapa jenis bumbu dapur yang dapat kita gunakan sebagai obat, juga untuk meredakan rasa nyeri. Pengobatan secara alami tentunya tidak memiliki efek samping atau risiko.

Apa saja bumbu dapur itu ?

1. Jahe

Tanaman bumbu dapurdengan nama latin Zingiber officinale ini adalah salah satu bumbu yang sangat mudah kita temukan karena begitu seringnya digunakan sebagai bumbu dapur, atau bahan untuk membuat minuman penghangat badan.

Tanaman jahe ternyata dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid. Caranya dengan merebus jahe secukupnya selama kurang lebih 20 menit, dinginkan, lalu minum air rebusan jahe tersebut.

2. Cabai

Bumbu dapur yang identik dengan cita rasanya yang pedas ini ternyata juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Kandungan senyawa capsaicin yang membuat rasa pedas pada cabai ternyata dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita osteoarthritis (radang sendi) dan psoriasis.

Penggunaanya dengan mengoleskan krim capsaicin yang banyak dijual di pasaran ke bagian yang terasa nyeri.

3. Kunyit

Kunyit ternyata juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri, utamanya nyeri haid dan nyeri sendi karena reumatik. Kunyit dikenal memiliki zat yang dapat berguna sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan).

Oleh karena itu, sangat cocok dikonsumsi bagi penderita reumatik, karena reumatik merupakan gejala nyeri pada otot atau di sekitar persendian yang disebabkan karena adanya peradangan.

Bagi yang menderita nyeri haid penggunaanya dapat dengan meminum jamu kunyit asam tradisional yang banyak dijual oleh tukang jamu keliling, atau dengan meminum ramuan jamu yang berbahan dasar kunyit yang banyak dijual di pasaran.

Demikian juga dengan penderita reumatik, dapat menggunakan kunyit seperti halnya penderita nyeri haid. Selain itu, penderita reumatik dapat pula menggunakannya dengan menambahkan bumbu kunyit pada hidangan yang dimasak.

4. Cengkeh

Cengkeh dapat di gunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Caranya dengan mengoleskan minyak cengkeh dengan menggunakan kapas di area gigi yang terasa sakit.

Nah, selamat mencoba!