Loading...

Manfaat Jamu untuk Kesehatan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Manfaat Jamu untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Sejak zaman dahulu, Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah di dunia. Bahkan Orang Eropa membawa hasil rempah Indonesia ke negara mereka karena memiliki banyak sekali manfaat.

Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, pala, lada dan lain-lain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak, bahan untuk membuat makanan dan minuman, serta obat-obatan.

Salah satu minuman berbahan dasar rempah yang paling tersohor adalah jamu. Ya, jamu merupakan minuman tradisional dari Indonesia. Minuman yang dulunya dikonsumsi oleh putra-putri raja itu, kini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan karena banyaknya khasiat yang ditawarkan.

Loading...

Nah, berikut adalah manfaat jamu bagi kesehatan. SImak yuk!

1. Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Ramuan jamu yang dapat digunakan untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit adalah ramuan jamu beras kencur. Ramuan jamu ini sejak zaman dahulu sering di konsumsi putra dan putri raja.

Manfaat yang diperoleh jika rutin meminum ramuan jamu ini adalah dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit, serta dapat menghilangkan pegal-pegal dan rasa capek.

2. Membantu melangsingkan tubuh dan menghilangkan nyeri haid

Ramuan jamu yang dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh dan menghilangkan nyeri haid adalah ramuan jamu kunyit asam atau yang biasa disebut kunir asem.

Selain dapat membantu melangsingkan tubuh dan menghilangkan nyeri haid, ramuan jamu kunyit asam ternyata dapat digunakan untuk menncegah sariawan dan panas dalam.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan merebus kunyit yang sudah dikupas, dibersihkan dan diparut bersama dengan asam jawa dan gula merah secukupnya, rebus sampai mendidih. Dinginkan, lalu saring ramuan jamu. Ramuan jamu kunyit asam pun siap untuk diminum.

3. Membantu menyembuhkan penyakit degeneratif 

Ramuan jamu dengan bahan sambiloto dan brotowali dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penderita penyakit degeneratif seperti diabetes, kolesterol tinggi dan asam urat.

Untuk penderita penyakit diabetes, dapat merebus batang brotowali dengan akar pepaya dalam air secukupnya. Rebus hingga mendidih lalu saring dan minum ramuan jamu ini minum 2x sehari.

4. Membantu menambah nafsu makan

Jika anak Anda susah makan tak ada salahnya memberikan jamu temulawak. Karena temulawak yang kaya akan curcuma dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Penggunaanya dapat dengan menggunakan vitamin yang mengandung ekstrak temulawak yang banyak di jual dipasaran.

Manfaat lain yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi jamu adalah dapat menghilangkan bau badan, merapatkan organ intim wanita, menghilangkan kembung, dan lain sebagainya.

Beberapa ramuan jamu memang sedikit pahit rasanya, namun jika dibandingkan dengan manfaat yang dapat diperoleh, rasa-rasanya sebanding. Jika tak dapat menoleransi rasa pahitnya, Anda bisa menambahkannya dengan madu.

Jika ingin meminum jamu, biasanya disarankan untuk tidak mengambil obat dari resep dokter atau obat yang dijual bebas, pun minum minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan keracunan.

(photo: www.alayaubud.com)