Loading...

8 Tips Rahasia untuk Meningkatkan Kebahagiaan Anak

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

8 Tips Rahasia untuk Meningkatkan Kebahagiaan AnakTERUSKAN.COM – Tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa mereka memiliki masa kecil yang tidak bahagia.

Terkadang orang merasa bahwa orang tua mereka tidak memahami atau tidak begitu memberi kebebasan pada anak untuk melakukan hal yang menyenangkan.

Hanya setelah kita menjadi orang tua, kita kemudian menyadari bahwa menjadi orangtua adalah salah satu tugas yang paling sulit yang dapat dicapai dalam kehidupan. Setiap orang memiliki tujuan untuk memiliki anak dan menjadi orang tua.

Loading...

Orang tua selalu mencoba untuk membuat anak-anak mereka menjadi pintar, sukses dan percaya diri. Namun, hal yang paling penting dalam hidup ini adalah untuk membuat mereka selalu merasa bahagia.

Tidak ada rumus tertentu untuk menjadi bahagia, anak-anak Anda bisa bahagia dengan cara sederhana, tanpa adanya gadget terbaru dan liburan eksotis. Apa yang mereka inginkan dari Anda adalah kehadiran Anda disamping mereka.

Alih-alih mengambil pandangan materialistis untuk membesarkan anak-anak Anda dengan kemewahan maksimal, cobalah untuk memiliki perspektif yang lebih spiritual sebagai orangtua. Tips untuk membesarkan anak-anak agar menjadi bahagia hanya dapat dilakukan oleh orang tua yang selalu positif dan bahagia dalam menjalani hidup.

Jadi cobalah teknik-teknik pengasuhan sederhana untuk menjadi orang tua bagi anak-anak yang bahagia dan gembira, seperti dilansir dari boldsky berikut ini:

Tersenyum

Senyum adalah kurva yang dapat meluruskan semua kurva lainnya.

Ada kalanya Anda merasa terbebani di tempat kerja dan frustrasi dengan perilaku pasangan Anda, tetapi saat Anda melihat anak-anak Anda, singkirkan semua tekanan dan tersenyumlah kepada mereka.

Ini adalah cara paling sederhana yang seringkali terlupakan oleh orang tua. Padahal senyum Anda bisa jadi sangat bermakna bagi anak Anda dan membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.

Lebih banyak mengatakan ‘Ya’ daripada ‘Tidak’

Kebanyakan orang tua terkadang menjadi konyol bagi anak-anak mereka. Mereka seringkali mengatakan ‘tidak’ pada setiap keinginan anak yang belum tentu buruk bagi perkembangan mereka.

Setiap kali anak Anda meminta sesuatu, sebisa mungkin cobalah untuk mengatakan ‘ya’ dan bukan ‘tidak’.

Jika memang Anda harus mengatakan ‘tidak’, beri mereka penjelasan sederhana mengapa Anda tidak memberinya izin. Ini memang bukan sesuatu yang mudah, tetapi juga tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Kehadiran mental Anda

Kebanyakan orang tua hanya hadir secara fisik di rumah dengan anak-anak mereka. Mereka hanya sekedar ada di rumah, orang tua yang seharusnya bermain dengan anak-anak mereka justru hanya sibuk memeriksa e-mail mereka atau memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan.

Berikan anak-anak Anda perhatian penuh bahkan jika itu itu hanya satu jam dalam sehari. Hal kecil ini dapat menumbuhkan rasa bahagia dalam diri anak Anda.

Bermain dengan anak Anda

Anak-anak khususnya anak tunggal, tentu akan merasa sangat kesepian karena tidak memiliki saudara yang dapat diajak bermain. Oleh karena itu luangkan waktu Anda dengan bermain bersama anak.

Anda tidak perlu menyenangkan mereka dengan membeli video game terbaru atau boneka lucu lainnya, anak akan merasa lebih bahagia ketika Anda mengajak mereka bermain bersama sambil tertawa.

Selain menjadi bahagia, hal ini juga dapat menjadi kenangan indah dan menyenangkan bagi anak Anda.

Batasi durasi menonton anak

Semakin sedikit waktu menonton anak, maka akan semakin bahagia mereka.

Doronglah anak-anak Anda untuk melakukan aktivitas lain seperti membaca atau mengeksplorasi bakat mereka dalam bidang kesenian atau olahraga.

Perlakukan anak Anda dengan hormat

Jika Anda ingin anak-anak Anda menjadi bahagia, maka Anda harus memperlakukan mereka dengan hormat. Jangan berteriak pada anak-anak Anda di depan umum ketika mereka melakukan kesalahan.

Anda juga tidak boleh menyerang anak-anak Anda dengan kekerasan. Bicaralah dengan baik pada anak-anak Anda dan cobalah untuk memahami apa yang mereka inginkan.

Menjadi teman bagi anak

Sekarang ini, anak-anak menangkap teknologi jauh lebih cepat daripada orang tua mereka. Penggunaan gadget yang terlalu sering akan membuat anak jauh dari orang tua karena menganggap gadget adalah kawan terbaik mereka.

Itu sebabnya, Anda harus menjadi orang tua yang juga dapat berperan sebagai teman yang baik bagi anak. Hal ini adalah bagian penting dari membesarkan seorang anak untuk menjadi individu yang bahagia.

Memimpin dengan contoh

Jika Anda ingin anak-anak Anda menjadi bahagia, maka Anda sendiri harus menjadi orang yang bahagia terlebih dahulu.

Anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat, jadi ketika Anda merasa frustrasi dengan kehidupan, maka anak Anda juga akan menyerap hal tersebut. Usahakan untuk menjadi bahagia agar menjadi contoh yang baik bagi anak Anda.