Loading...

Tumbuh Gigi? Hindari Penggunaan Benzocaine Pada Bayi Anda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Tumbuh Gigi? Hindari Penggunaan Benzocaine Pada Bayi AndaTERUSKAN.COM – Saat bayi Anda menginjak usia 6 bulan atau lebih, mereka akan mengalami penumbuhan gigi.

Biasanya ciri yang menunjukkan anak Anda sedang dalam proses tersebut yaitu anak sering menangis, demam, atau mulai menggigit-gigit benda atau tangan Anda.

Saat keadaan seperti ini, biasanya para orang tua akan menggunakan beberapa obat atau produk untuk meredakan rasa sakit pada bayi mereka.

Loading...

Namun, hal ini tidak perlu untuk dilakukan karena  produk seperti benzocaine hanya akan berfungsi untuk meringankan rasa sakit saat bayi tumbuh gigi.

Benzocaine adalah anestesi lokal. Ini adalah bahan aktif dalam banyak obat tanpa resep dokter yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit di mulut dan gusi dalam berbagai kondisi. Produk benzocaine datang dalam bentuk gel, semprotan, cairan, dan pelega tenggorokan.

Selain itu, benzocaine juga tidak dapat diberikan begitu saja pada bayi karena harus berada di bawah pengawasan dokter.

Apa Itu Benzocaine?

Benzocaine adalah obat bius lokal yang ditemukan dalam produk tanpa resep dokter seperti Anbesol, Orajel, Baby Orajel, Orabase dan Hurricane. Benzocaine, yang juga dapat ditemukan dalam bentuk gel dan cairan, membantu meredakan rasa nyeri pada gusi dan mulut bayi.

Namun benzocaine dapat menyebabkan kondisi yang jarang tapi berpotensi mematikan yang disebut methemoglobinemia, di mana jumlah oksigen yang dibawa melalui aliran darah akan sangat berkurang.

Anak-anak berusia di bawah 2 tahun berada pada risiko tertentu untuk kondisi tersebut, tutur FDA dalam sebuah rilis acara televisi.

FDA adalah organisasi pertama yang memperingatkan tentang potensi bahaya dari benzocaine pada tahun 2006 dan sejak saat itu menerima 29 laporan kasus methemoglobinemia terkait benzocaine. Sembilan belas dari kasus terjadi pada anak-anak, 15 diantaranya di bawah usia 2 tahun.

Gejala Methemoglobinemia

FDA juga mencatat bahwa orang tua mungkin mengalami kesulitan mengenali gejala methemoglobinemia seperti pucat pasi  atau kulit, bibir dan kuku berwarna biru, sesak napas, kelelahan, kebingungan, sakit kepala, pusing dan detak jantung yang cepat.

Gejala ini dapat terjadi dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelah menggunakan benzocaine, baik untuk penggunakan  pertama kali atau lebih, kata FDA.

Pengobatan Methemoglobinemia

Methemoglobinemia yang disebabkan oleh benzocaine mungkin memerlukan pengobatan dengan obat-obatan, bahkan hingga harus dirawat di rumah sakit. Kasus-kasus serius harus ditangani segera. Jika tidak diobati atau jika pengobatan tertunda, methemoglobinemia dapat menyebabkan cedera permanen pada jaringan otak dan tubuh, dan bahkan kematian, akibat jumlah oksigen yang tidak memadai dalam darah.

Alternatif Lain

Banyak cara lain yang dapat dilakukan dibanding harus menggunakan obat atau produk penghilang rasa sakit. American Academy of Pediatrics mengatakan, para orang tua sebaiknya menggunakan jari dengan cara menggosok atau memijat lembut pada gusi anak yang terasa nyeri atau sakit.

Ingat, akan banyak risiko yang ditimbulkan dari penggunaan benzocaine. Karena itu, sebagai orang tua Anda harusnya lebih teliti dan cermat dalam memilih hal yang baik untuk anak Anda.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.ivstatic.com)