Loading...

7 Ide Olahraga Menyenangkan untuk Anak

Penulis: Mayrani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Lelah melihat anak-anak Anda hanya duduk bermain pada layar komputer? Biarkan mereka berkeringat dengan ide-ide olahraga menyenangkan.

Anak-anak senang berolahraga – kalau saja kita memberi mereka kesempatan. Terserah kita untuk memberikan sarana, agar mereka dapat menyeimbangkan waktu bermain komputer dengan waktu untuk mengeluarkan keringat.

7 Ide Olahraga Menyenangkan untuk Anak

Loading...

Kunci untuk mengubah anak ke rutinitas olahraga teratur adalah membuatnya menyenangkan bagi mereka.

1. Olahraga berkelompok

Olahraga berkelompok memberikan anak Anda kesempatan untuk aktif sekaligus mengembangkan keterampilan dalam olahraga pilihan. Ini akan meningkatkan koordinasi, kesadaran spasial dan kesehatan kardiovaskular anak.

Manfaat tambahannya, anak Anda akan belajar untuk mengatasi rasa malu, mengembangkan ketahanan dan konsep diri.

2. Renang

Sebagian besar anak senang bermain di dalam air. Manfaatkan waktu luang dan berikan kesempatan pada anak agar secara teratur mendapatkan beberapa olahraga sekaligus basah-basahan.

Berenang di sore hari sebanyak sekali seminggu di mana Anda memberikan tantangan pada level mereka dengan berbagai game berbasis air.

Ingat bahwa apapun yang dilakukan di dalam air membutuhkan 8 kali usaha seperti di darat, sehingga waktu yang dihabiskan di kolam renang akan memberikan anak Anda olahraga yang mengagumkan, bebas dan menyenangkan.

3. Sepeda gunung

Bersepeda adalah olahraga kardiovaskular yang fantastis, serta memberikan latihan besar secara keseluruhan.

Mengapa tidak menjadikan Minggu sore sebagai waktu bersepeda untuk keluarga Anda. Jelajahi jalur gunung di sekitar wilayah Anda, dan lanjutkan dengan piknik. Anda akan membakar kalori sekaligus memperkuat ikatan keluarga pada saat yang sama.

4. Sirkuit ramah bagi anak

Dengan menjaganya agar tetap pendek, mencampur beberapa gerakan dan membuang gerakan jenis ‘dewasa,’ Anda akan dapat memberikan anak Anda kombinasi olahraga cardio dan resistensi yang dapat mereka lakukan di mana saja.

Pilih 8 gerakan yang dapat mereka lakukan masing-masing selama satu menit tanpa ada waktu istirahat diantaranya. Mintalah mereka menyelesaikan 2-3 sirkuit untuk latihan besar.

Di antara sirkuit, biarkan mereka menyelesaikan tantangan yang menyenangkan (misalnya berdiri dari posisi berbaring dengan secangkir air di dahi mereka). Beberapa pilihan olahraga bisa berupa lompat tali, sit up pada dinding, push up, jumping jack, jongkok dan kekuatan melompat.

5. Olahraga dalam DVD

Ada beberapa program latihan menyenangkan dalam DVD yang sangat baik di luar sana yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak.

Mereka tidak hanya memberikan olahraga yang aman dan latihan yang dirancang secara profesional, instruktur juga biasanya memberikan motivasi dan antusiasme tinggi.

6. Gamefication

Gunakan kesempatan mengenai obsesi anak Anda pada permainan elektronik dengan menyelipkan beberapa olahraga terkait aplikasi game yang keren.

Pilih salah satu aplikasi yang terbaik di luar sana, lalu mengubah olahraga menjadi sebuah permainan adalah Fitocracy, yang memungkinkan anak Anda untuk maju melalui level ketika mereka bernegosiasi melalui tantangan petualangan fisik yang disesuaikan terhadap jenis latihan khusus bagi mereka.

Ini memberikan insentif untuk menyelesaikan olahraga kemudian memberikan pencarian yang memungkinkan mereka untuk menaklukkan lawan serta ketakutan mereka.

7. Anak dan olahraga berat

Perdebatan mengenai apakah anak-anak harus menggunakan olahraga berat sebagai bagian dari program latihan telah berkecamuk untuk waktu yang lama.

Cara paling aman adalah untuk memperkenalkan anak-anak dengan latihan ketahanan dengan berat badan mereka sendiri. Ajarkan mereka bagaimana melakukan push up yang tepat dan memperkenalkan variasi latihan ini yang memungkinkan mereka untuk menargetkan area yang berbeda dari tubuh mereka.

Memperkenalkan program olahraga rutin kepada anak Anda adalah salah satu hadiah terbesar dari cinta yang dapat Anda berikan kepada mereka.

Ini akan menempatkan anak pada jalur kesehatan dan kontrol berat badan sekaligus memungkinkan mereka untuk mengembangkan kepercayaan diri dan disiplin dalam prosesnya.

Nah, mengapa tidak mulai dari sekarang?

(photo: www.transmodernage.com)