Loading...

Tips Hemat Menggunakan AC di Kamar Tidur

Penulis: Nuzulia Rubrik: Finansial

TERUSKAN.COM – Saat ini Air Conditioner (AC) merupakan salah satu alat elektronik yang paling diminati masyarakat, utamanya masyarakat perkotaan. Meskipun bukanlah kebutuhan primer melainkan kebutuhan tersier, AC diminati karena AC sangat dibutuhkan apalagi oleh masyarakat perkotaan saat musim kemarau tiba.

Bahkan, di antara masyarakat mungkin ada yang ketergantungan menggunakan AC, karena sudah biasa berada di ruangan yang bersuhu dingin sampai ke ruang tidur.

Tips AC di Kamar Tidur

Loading...

Sebenarnya, ketergantungan terhadap AC pun memiliki efek yang kurang baik terhadap aktivitas dan kesehatan tubuh. Jika tidak tidur menggunakan AC akan merasa gerah, tidur tidak nyenyak dan kurang tidur. Pada akhirnya aktivitas sehari-hari akan terganggu.

Bila terus dibiarkan, kesehatan tubuh secara umum akan terganggu karena tubuh dalam kondisi kurang fit dan dipaksakan untuk beraktivitas.

Ternyata, jika kita akan menggunakan AC tidak boleh sembarangan. Terdapat hal – hal yang harus kita perhatikan saat akan menggunakan AC apalagi di kamar tidur agar penggunaanya dapat sesuai dengan kebutuhan, hemat energi dan tidak mengganggu kesehatan.

Apa saja ya yang harus dilakukan? Berikut tipsnya:

1. Membeli AC

Sebelum membeli AC, hendaknya kita perhatikan dulu desain interior ruangan yang akan dipasangi AC. Perhatikan juga ukuran dan model AC yang akan dipasang.

Untuk kamar tidur, kita dapat menggunakan AC dengan ukuran ½ PK sampai 1 PK. Pilihlah AC yang hemat energi  dan sesuaikan dengan daya listrik di rumah kita.

2. Memasang AC

Sebaiknya jika akan memasang AC tidak memasangnya dengan posisi menghadap pintu kamar, menghadap ke kepala tempat tidur, atau menghadap ke jendela. Hal ini dimaksudkan agar suhu panas dari luar kamar tidak ikut masuk ke dalam kamar.

Sebelum menggunakan AC, tutup pintu dan jendela kamar agar kita dapat menikmati kesejukan dari udara yang ditiupkan AC secara optimal. Setelah menggunakan AC, buka pintu kamar dan jendela lebar – lebar agar sirkulasi udara tetap lancar, serta udara di dalam kamar tetap sehat.

3. Suhu AC

Saat menggunakan AC atur suhu ruangan secukupnya saja antara 22 derajat hingga 24 derajat celcius.

Jika suhu diatur diatur terlalu dingin dapat menyebabkan boros listrik. Hal ini dikarenakan suhu luar di Indonesia cukup tinggi. Suhu yang tinggi itu dapat memperberat kinerja kompresor. Semakin berat kompresor bekerja, maka semakin banyak listrik yang dibutuhkan. Semakin banyak listrik yang di butuhkan, semakin banyak biaya listrik yang harus dikeluarkan.

4. Penggunaan AC

Gunakan AC saat kita berada di dalam kamar saja dan matikan AC saat kita keluar kamar. Gunakan timer (pengatur waktu) untuk mengatur waktu sesuai yang kita butuhkan.

Hal ini untuk menghindari penggunaan AC yang terlalu lama karena kita lupa mematikan AC saat hendak tidur atau ke luar kamar.

5. Membersihkan AC

Bersihkan AC secara teratur. Karena dengan membersihkan AC secara teratur dapat menghemat pemakaian listrik sampai dengan 20%. Setidak – tidaknya bersihkan AC 6 bulan sekali.

Debu yang menumpuk akan menyebabkan sirkulasi udara terganggu,  kondensor bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak energi listrik.

Jika kita tidak dapat membersihkan AC sendiri karena jauh dari jangkauan, kita bisa memanggil jasa service AC panggilan yang profesional untuk membantu membersihkan AC atau menghubungi divisi layanan service resmi sesuai merk AC yang kita pasang.

Selamat mencoba!