Loading...

6 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Tempat Kerja

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

6 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Tempat KerjaTERUSKAN.COM – Jika Anda ingin menjadi salah satu karyawan yang sukses, atau ingin membuat karir Anda lebih baik lagi, Anda tidak hanya harus bekerja dengan giat dan menghindari beberapa kesalahan dalam pekerjaan yang dapat membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Ada beberapa hal lain yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam lingkungan kerja dan tempat kerja Anda karena tidak hanya dapat membuat citra Anda di kantor buruk, namun juga mengganggu kinerja Anda.

1. Bergosip

Ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa pikiran yang kuat adalah pikiran yang mampu berdiskusi tentang ide-ide dan kejadian yang sedang terjadi, sedangkan pikiran yang rendah adalah yang berdiskusi tentang orang lain.

Loading...

Contoh kalimat bijak tersebut merupakan salah satu refleksi mengapa sebaiknya Anda tidak sering-sering bergosip di tempat kerja.

Kegiatan yang satu ini mungkin sering dilakukan wanita baik di sela-sela bekerja maupun di saat istirahat. Di luar tempat kerja mungkin Anda sah-sah saja melakukannya, namun melakukannya di tempat kerja dapat membuat Anda terlihat tidak profesional.

2. Kebiasan Buruk

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan. Hal tersebut mestinya tidak menjadi masalah jika Anda lakukan di luar tempat kerja.

Namun jika Anda melakukan beberapa kebiasaan buruk terutama yang mengganggu kinerja Anda di kantor, hal tersebut dapat membuat Anda terlihat tidak cukup kompeten dibandingkan karyawan lainnya.

Tunjukkan bahwa Anda serius bekerja dengan berusaha semaksimal mungkin melawan kebiasaan buruk Anda dan  menggantinya dengan profesionalisme.

3. Konflik

Sudah hal biasa bahwa konflik dapat terjadi baik antar karyawan maupun dengan atasan. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh pendapat yang berbeda, beberapa sifat buruk masing-masing yang tidak suka dan lain sebaiknya.

Di dalam tempat kerja, sebaiknya hindari membuat konflik atau terlibat di dalamnya dan sebaiknya menjadi pihak yang netrak dan bijak. Hal ini akan membuat Anda terlihat lebih baik.

4. Melanggar ‘Dress Code

Baik memakai seragam atau tidak, setiap tempat kerja memiliki dress code atau peraturan tentang pakaian yang akan dikenakan di kantor.

Sebaiknya Anda tidak melanggar peraturan tersebut dengan mengenakan pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

5. Selalu Menolak

Ada beberapa tipe karyawan yang cenderung nyaman dengan pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan dan menolak setiap ada permintaan dari atasan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Hal ini dapat menjauhkan Anda dari kenaikan jabatan. Usahakan untuk tidak begitu saja menolak suatu tawaran atau pekerjaan lain dengan mempertimbangkan hal tersebut matang-matang.

Jika hal yang diminta terlalu ekstrim dan Anda tahu diluar batas kemampuan Anda, mungkin Anda dapat mengatakan yang sejujurnya. Yang perlu Anda ketahui adalah belum tentu kesempatan itu muncul 2 kali, bukan?

6. Individualis

Salah satu hal yang perlu dimiliki seorang karyawan yang baik adalah kemampuannya untuk bekerja dalam tim.

Sayangnya, tidak semua orang menyukai bekerja dalam sebuah tim dan lebih memilih untuk bekerja sendiri.

Anda perlu mengetahui bahwa salah satu kemampuan yang mencerminkan seseorang adalah karyawan yang kompeten adalah kemampuannya untuk bekerjasama dalam tim karena hal tersebut dapat membuktikan bahwa seseorang itu bijaksana, mampu menjadi pemimpin, memiliki ide-ide kreatif dan lain sebagainya.

***

Itulah 6 hal yang sebaiknya Anda tidak lakukan di tempat kerja agar kinerja Anda semakin baik dan siapa tahu Anda mendapat kenaikan jabatan.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://detectenergy.com)