Loading...

6 Tips Sukses Menyelesaikan Tugas Kuliah Tepat Waktu

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja

6 Tips Sukses Menyelesaikan Tugas Kuliah Tepat Waktu6 Tips Sukses Menyelesaikan Tugas Kuliah Tepat WaktuTERUSKAN.COM – Dalam perkuliahan, tak jarang mahasiswa dibuat pusing oleh menumpuknya tugas-tugas kuliah yang tidak sedikit, dan sayangnya juga tidak mudah diselesaikan.

Terlebih jika beberapa tugas tersebut memiliki deadline atau batas akhir pengumpulan tugas yang cukup cepat.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa dalam menyelesaikannya, karena tugas yang tidak dapat diselesaikan hingga batas akhir dapat berakibat fatal: dianggap tidak mengumpulkan dan siap-siap saja menghadapi ketidaklulusan mata kuliah dan harus mengulangnya di semester depan.

Loading...

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar tugas kuliah dapat diselesaikan tepat waktu, yaitu sebelum batas akhir pengumpulan.

1. Mulai dari yang Sulit

Ada beberapa yang mengatakan kita harus memulainya dari yang mudah. Namun, sebenarnya Anda perlu menyelesaikan yang sulit terlebih dahulu.

Tentu hal ini perlu diimbangi dengan pemahaman akan beberapa tugas lainnya sehingga Anda dapat mempertimbangkan dengan baik yang mana yang ingin Anda selesaikan duluan.

Sebaiknya mulai dari tugas yang sulit karena membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikannya.

2. Atur Waktu

Cara kedua adalah dengan mengatur waktu mengerjakan dengan baik sehingga tidak ada tugas yang tertinggal atau harus dikerjakan tergesa-gesa dan tidak efektif.

Anda dapat membuat jadwal berupa jumlah tugas, jenis tugas serta jadwal pengerjaan yang dapat Anda atur sesuai dengan jadwal aktivitas Anda.

3. Tema dan Objek yang Sama

Terkadang ada beberapa tugas yang tidak terlalu jauh berbeda dan Anda dapat mengerjakan semuanya dengan menggunaan obyek yang sama.

Misalnya Anda diminta untuk meneliti suatu objek wisata, siapa tahu objek tersebut juga dapat digunakan untuk tugas lainnya, sehingga Anda tidak perlu beberapa kali melakukan pengamatan langsung bukan?

Hal ini juga berlaku untuk tema yang mungkin dapat Anda gunakan untuk beberapa bahasan tugas.

4. Kerja Kelompok

Meskipun beberapa orang ada yang lebih memilih untuk mengerjakan tugas sendiri, mungkin Anda dapat mempertimbangkan mengerjakan tugas secara berkelompok.

Hal ini dapat membuat Anda terbantu akan beberapa pembahasan yang sulit dan juga dapat membandingkan pekerjaan Anda dengan teman lainnya, jika ada beberapa hal yang masih kurang atau salah.

5. Selesaikan Sebelum Deadline

Beberapa mahasiswa sering menganggap bahwa batas waktu pengumpulan tugas yang terakhir adalah waktu untuk mengumpulkan tugas.

Sebenarnya akan lebih baik lagi jika Anda mampu mengumpukan tugas tersebut beberapa hari sebelum batas akhir pengumpulan tugas, karena selain memacu Anda untuk mengerjakannya dengan cepat, juga dapat membuat Anda tidak tergesa-gesa dan tertekan menyelesaikan

Hal ini juga untuk menghindari Anda jika ada kesalahan dalam mengerjakan tugas yang baru Anda sadari setelah tugas tersebut selesai dikerjakan.

6. Beri Reward untuk Diri Anda Sendiri

Cara ini juga patut dicoba, dimana Anda memberikan diri Anda sendiri hadiah jika Anda telah selesai menyelesaikan tugas tepat waktu.

Spa di salon, traveling dengan teman-teman dan hal lainnya dapat memacu diri Anda untuk meyelesaikannya lebih cepat, dan tentu akan membuat Anda senang dan bangga atas target yang Anda sudah rencanakan.

***

Itulah 6 tips sukses menyelesaikan tugas kuliah tepat waktu. Atur waktu dan disiplin dalam mengerjakannya.

Semoga sukses!

(photo: http://essaybasics.com)