Loading...

Tips Lengkap Berpuasa Bagi Penderita Maag

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Tips Lengkap Berpuasa Bagi Penderita MaagTERUSKAN.COM – Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Di bulan yang penuh berkah tersebut, kita semua yang memeluk Agama Islam wajib berpuasa.

Berpuasa dapat dikatakan sebagai salah satu kewajiban yang tidak mudah dilakukan. Menahan haus dan lapar seharian hingga senja tiba bagi seseorang merupakan sesuatu yang perlu ‘usaha’.

Bagi Anda penderita maag, mungkin puasa terdengar cukup mengkhawatirkan. Terutama bagi Anda yang sakit maag-nya sering kambuh karena tidak makan dengan teratur.

Loading...

Sebenarnya sakit maag bukanlah hambatan seseorang tidak dapat berpuasa dengan lancar. Ada beberapa tips agar bisa berpuasa dengan lancar untuk Anda yang menderita maag.

1. Apa Itu Sakit Maag?

Maag merupakan salah satu penyakit pada lambung dimana asam lambung cukup tinggi sehingga dapat melukai dinding lambung.

Yang dirasakan penderita saat maag kambuh adalah rasa pedih dan mual. Pada beberapa kasus, penyakit maag juga dapat menyebabkan kembung.

Penyakit maag sendiri cukup beragam dari yang ringan hingga yang parah. Pada beberapa orang yang berpenyakit maag, biasanya kambuh karena dipengaruhi faktor makanan, stress hingga emosi. Sedangkan yang parah biasanya mengakibatkan beberapa gejala akut seperti anemia, muntah darah, berat badan yang turun drastis dan lain sebagainya.

Konsultasikan terebih dahulu kepada dokter Anda apakah ada dianjurkan berpuasa atau tidak. Karena pada beberapa kasus maag yang parah, seseorang diwajibkan makan secara terus menerus sehingga berpuasa tidak memungkinkan.

2. Wajib Sahur

Seperti pada kondisi orang lainnya ketika berpuasa, dianjurkan sahur untuk tetap memiliki energi menjalankan ibadah puasa saat beraktivitas.

Begitu pula pada penderita maag, dianjurkan untuk sahur untuk menghindari lambung yang kosong ketika berpuasa. Anda juga dapat meminum obat maag ketika sahur.

2. Berbuka dengan Bijak

Ketika berbuka, sebaiknya mulailah dengan minum minuman yang manis dan hangat dan iikuti makanan kecil yang manis seperti kurma.

Hal ini karena glukosa dipercaya lebih mudah diserap untuk menjaga asam lambung tetap normal.

Hindari langsung memakan makanan dengan banyak karena akan membuat ambung kaget dan mungkin saja maag Anda kumat.

Beri jarak antara makanan pembuka dengan makanan utama.

3. Makan Secukupnya

Ketika Anda makan, sebaiknya tidak makan dalam porsi besar sekali makan. Usahakan untuk makan dalam porsi sedang maupun kecil dan melanjutkannya nanti.

Penderita maag biasanya dianjurkan untuk sering makan dalam porsi kecil namun sering.

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Salah satu penyebab maag adalah tidur langsung setelah makan. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung.

Tidur juga merupakan waktu dimana proses pencernaan berjalan lebih cepat, sehingga akan membuat Anda lebih mudah lapar.

5. Tidak Bermalas-malasan

Berpuasa sebaiknya tidak identik dengan malas-malasan. Begitu juga bagi Anda penderita maag, karena dengan melakukan aktivitas dan gerakan, otak akan terangsang untuk mengeluarkan hormon katekolamin yang dapat mengurangi produksi asam lambung.

Atur aktivitas Anda sehingga sesuai dengan kesehatan Anda.

6. Jangan Stres

Stres adalah salah satu pemicu naiknya asam lambug pada beberapa penderita maag yang dapat berakibat kambuhnya rasa sakit pada lambung dengan cepat.

Karena saat berpuasa Anda tidak dapat makan atau minum, sebaiknya hindari hal-hal maupun aktivitas yang dapat membuat Anda stres maupun cemas.

7. Minum Obat Secara Rutin

Seperti penyakit lainnya, obati penyakit Anda dengan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan ketika sahur dan berbuka.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai obat yang manjur dan cocok dikonsumsi selama bulan puasa.

8. Hindari Makanan Penyebab Maag

Jika makanan merupakan salah satu penyebab penyakit maag Anda kambuh, maka sebaiknya hindari beberapa makanan maupun minuman agar maag Anda tidak kambuh.

Makanan dan minuman yang harus dihindari diantaranya yaitu kopi, makanan yang terlalu pedas dan asam, makanan yang banyak mengandung minyak, yang mengandung banyak gas seperti kubis, sawi, kacang-kacangan, coklat, keju hingga beberapa bumbu pedas seperti merica dan cabai.

 ***
Itulah ulasan lengkap untuk berpuasa secara aman bagi Anda yang menderita maag. Semoga bermanfaat.

(photo: www.ihomeremedy.net)