Loading...

Ini Alasan Mengapa Berlari Penting Untuk Dilakukan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Ini Alasan Mengapa Berlari Penting Untuk DilakukanTERUSKAN.COM – Ketika Anda merasa segalanya terasa melelahkan, stres serta depresi menghadang, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berlari.

Bukan berlari dari kenyataan, namun dengan melakukan kegiatan berlari secara rutin, ini dapat menjadi sumber yang sempurna untuk menghilangkan stres.

Berlari merupakan kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan setiap saat, sayangnya terkadang orang merasa terlalu sibuk hingga berlari pun enggan untuk dilakukan. Padahal kegiatan ini dapat memberikan Anda begitu banyak manfaat yang berdampak positif pada kesehatan tubuh Anda.

Loading...

Berlari dapat memberi Anda kesempatan untuk menghirup udara segar di pagi hari, membantu Anda membersihkan pikiran yang terasa kacau, serta menjadikan Anda merasa jauh lebih baik.

Di samping itu, berlari dapat melepaskan endorfin dalam tubuh Anda yang kemudian membuat Anda merasa bahagia. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlari:

Melepaskan endorfin 

Seperti yang telah disebutkan di atas, berlari mampu merangsang pelepasan endorfin dalam tubuh, yang tidak hanya dapat mengurangi perasaan cemas, serta membuat Anda merasa lebih baik, namun juga akan membantu memperlambat proses penuaan.

Inilah salah satu penyebab mengapa kebanyakan pelari terlihat lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Memperbaiki suasana hati

Berlari dapat membantu Anda mengurangi kecemasan, stres, serta gejala depresi. Kegiatan ini juga tentunya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda yang biasanya terganggu akibat stres.

Berlari secara teratur akan menurunkan kadar stres dalam tubuh Anda dan memperbaiki suasana hati Anda sehingga memberikan rasa kontrol yang lebih besar atas kehidupan Anda.

Menjadikan pikiran lebih damai

Karena sebagian besar orang menjalani keseharian yang sangat sibuk, maka itu membuat Anda memiliki terlalu sedikit waktu untuk berpikir.

Anda bisa mencoba untuk memulai melakukan aktivitas berlari seorang diri untuk berpikir tentang hal-hal penting dan memecahkan beberapa masalah yang sulit. Setelah berlari, Anda akan mendapati bahwa berbagai ide-ide kreatif muncul di kepala Anda.

Membantu meningkatkan kekuatan

Berlari juga dapat memberi Anda waktu untuk meningkatkan kekuatan fisik dan mental Anda. Kekuatan mental yang semakin meningkat akan memudahkan Anda untuk menghilangkan stres.

Ada banyak cara untuk merangkul diri sendiri, dan berlari menjadi salah satu solusi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Meningkatkan kesehatan

Tidak hanya kekuatan fisik, berlari juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Hal ini mampu membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, obesitas serta penyakit Alzheimer.

Di samping itu, berlari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi depresi.

Membangun rasa percaya diri

Berlari tidak hanya dapat mengurangi stres, tetapi juga membantu untuk membangun rasa percaya diri Anda.

Orang yang percaya diri cenderung memiliki tingkat stres yang rendah, karena mereka memahami bahwa semua masalah bisa diselesaikan dengan cepat dan bahwa tidak ada masalah yang layak membuatnya depresi.

Jadi, berlarilah secara rutin, agar Anda dapat memiliki percaya diri yang tinggi, dan merasa lebih baik tentang diri Anda serta hidup bebas stres.

Meditasi terbaik bagi tubuh

Berlari adalah meditasi yang besar untuk pikiran dan tubuh Anda. Tidak ada hal yang bisa membawa lebih banyak bantuan dan ketenangan selain berlari. Jika Anda merasa stres, pergilah keluar dan berlari.

(photo: http://cdn2.amerikanki.com)