Loading...

Tips Berbelanja Menggunakan Kartu Kredit

Penulis: Nuzulia Rubrik: Finansial

Tips Berbelanja Menggunakan Kartu KreditTERUSKAN.COM – Beberapa dari Anda mungkin ada yang memiliki hobi berbelanja. Beberapa orang bahkan bisa dibilang ‘ketagihan,’ atau yang biasa disebut dengan shopaholic.

Bukan hanya seorang shopaholic, banyak orang, terutama wanita, yang akan betah berlama-lama berada di dalam mall atau pusat perbelanjaan.

Namun dengan kemajuan teknologi, berbelanja saat ini sudah bisa dilakukan hanya dengan duduk manis di depan komputer.

Loading...

Ada beberapa metode alternatif pembayaran yang ditawarkkan saat berbelanja. Selain untuk memudahkan sistem pembayaran, hal ini juga d lakukan untuk menarik pembeli. Salah satunya ialah dengan menggunakan kartu kredit.

Seseorang yang akan berbelanja tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, cukup membawa kartu kredit saja. Penggunaanya pun cukup praktis, tinggal menggesekkan pada sebuah alat, transaksi pembayaran pun terselesaikan.

Namun, alih-alih mempermudah transaksi saat berbelanja, penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol dapat menimbulkan pemborosan, hingga akhirnya dapat membuat sesorang terlilit hutang karena tak sanggup membayar tagihan kartu kredit. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan kartu kredit.

Berikut tips untuk menghindari pemborosan akibat penggunaannya. Simak yuk!

1. Saat berbelanja, pertimbangkan faktor kebutuhan

Saat akan belanja, pikirkan dulu barang apa yang akan Anda beli. Apakah barang yang akan Anda beli sangat Anda butuhkan?

Hal ini untuk menghindakan Anda dari perilaku konsumtif dan “gelap mata” saat berbelanja. Begitu melihat suatu barang yang menarik di sebuah toko maka Anda langsung membelinya tanpa memikirkan manfaatnya bagi diri Anda.

2. Jangan memiliki kartu kredit terlalu banyak

Memiliki kartu kredit sebaiknya tidak terlalu banyak. Cukup 1 atau 2 kartu kredit saja, dengan salah satunya memiliki limit yang rendah.

Bedakan pula kegunaan kartu kredit yang Anda miliki. Misalnya kartu kredit A hanya untuk berbelanja saja, dan kartu kredit B untuk menghadapi keadaan darurat.

Batasi penggunaan kartu kredit agar tidak boros. Jikalau perlu, tidak usah membawa kartu kredit saat akan berbelanja dalam jumlah yang sedikit.

3. Pilih kartu kredit terbitan perusahaan bonafit

Pastikan saat Anda memilih kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang diterbitkan oleh perusahaan yang bonafit, yang sudah Anda ketahui kualitas jasa layanan kartu kreditnya.

Hal ini tentu saja untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi saat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

4. Lunasi tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo

Melunasi tagihan sebelum kartu kredit Anda jatuh tempo juga sangat penting, karena jika anda melunasinya setelah melewati tanggal jatuh tempo, Anda bisa dikenai denda yang tidak sedikit.

5. Berbelanja online

Jika Anda menggunakan kartu kredit saat berbelanja secara online, pastikan dulu alamat situs tempat Anda berbelanja adalah situs yang terpercaya. Gali informasi mengenai situs tempat Anda bertransaksi sebanyak-banyaknya.

Gunakan komputer sendiri saat bertransaksi. Catat hal-hal penting yang berkaitan dengan transaksi yang Anda lakukan. Jika ada hal-hal yang mencurigakan pada tagihan kartu kredit Anda, segera hubungi penyedia layanan kartu kreditAnda.