Loading...

7 Tips Menghindari Konflik di Tempat Kerja

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

7 Tips Menghindari Konflik di Tempat KerjaTERUSKAN.COM – Seperti yang kita ketahui, pekerja kantoran sebagian besar menghabiskan lebih banyak waktu dalam sehari di tempat kerja.

Hal ini yang menyebabkan banyak kejadian yang mungkin saja terjadi di tempat kerja. Karena jumlah karyawan yang tidak sedikit, terkadang ada beberapa kejadian yang tidak mengenakkan terjadi, yaitu konflik.

Ya, konflik di lingkungan kerja dapat terjadi karena banyak faktor, seperti ketidakcocokan antar karyawan, perlakuan yang tidak adil dari atasan, sifat dan karakteristik yang tidak sesuai hingga masalah pribadi yang sering tercampur pula dalam tempat kerja.

Loading...

Sayangnya, konflik dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti pemecatan atau berhenti kerjanya seseorang karena tidak betah.

Selain itu, konflik kecil maupun besar juga dapat mengurangi keakraban karyawan dan mengganggu kinerja seseorang.

Berikut adalah beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari konflik di tempat kerja.

1. Jangan Terlibat

Banyak konflik yang melibatkan semakin banyak orang, padahal bermula hanya dari 2 orang saja.

Oleh karena itu, meskipun terkadang sebuah konflik membutuhkan penengah atau mediator, sebaiknya Anda menghindari menjadi salah satunya jika tidak benar-benar diperlukan.

Hal itu disebabkan karena tak jarang seorang penengah dalam konflik justru dapat terlibat di dalamnya dan pada akhirnya konflik tersebut juga terjadi pada Anda.

2. Berbaik-hatilah

Jika ada seseorang yang telah membuat batas kesabaran Anda habis, usahakan tidak dengan mudahnya terbawa emosi dan memilih bertengkar sebagai penyelesainnya.

Lakukan secara dewasa, yaitu dengan mengajaknya bicara dengan tegas atau mungkin justru Anda dapat mencoba mennyikapinya dengan santai-santai saja, seperti bercanda dan lain sebagainya. Hal ini biasanya justru akan membuat si pembuat onar berhenti mengganggu Anda.

3. Mencoba Menjadi Pecinta Damai

Orang-orang yang cinta damai biasanya memilih untuk tidak menyebabkan konflik ataupun teribat didalamnya.

Begitu pula di tempat kerja, Anda dapat mencoba menjadi salah satu yang menjadi pecinta damai dengan bersikap ramah, murah senyum, tidak mudah emosi dan lain sebagainya untuk menghindari konflik.

4. Kebiasaan Menjadi Penengah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak orang yang menjadi penengah atau mediator dalam suatu konflik, akhirnya menjadi salah satu yang terlibat dalam konflik itu sendiri.

Sebaiknya hindari menjadi mediator dan jika ada konflik yang sedang terjadi, tak usah terlibat.

5. Acuhkan Saja

Jika konflik yang melibatkan Anda mulai memberikan pengaruh buruk pada kinerja Anda hingga di luar waktu bekerja Anda, sebaiknya Anda mulai mengacuhkan konflik tersebut.

Anda tentu tidak mau konflik tersebut membuat Anda stres dan depresi, bukan? Selesaikan secepatnya atau jika konflik tersebut disebabkan oleh si pencari gara-gara, acuhkan saja karena biasanya lama-kelamaan konflik tersebut akan menguap dengan sendirinya.

6. Hindari Si Pembuat Drama

Konflik di tempat kerja tak jarang disebabkan oleh orang-orang yang gemar membuat gosip, drama dan memulai sebuah konflik.

Ada baiknya jika Anda menghindari orang-orang yang seperti itu karena sangat memungkinkan melibatkan Anda dalam konflik.

7. Hindari Provokator

Salah satu tipe orang yang menjadi penyebab utama konflik adalah si provokator. Ia biasanya suka mencari dukungan sehingga tindakanya dibenarkan.

Jika Anda memiliki kolega yang suka memprovokasi, sebaiknya hindari saja karena dapat membuat Anda terlibat dalam konflik

***

Itulah 7 tips yang dapat menghindari Anda dari terjadinya konflik di tempat kerja. Sikapi semua dengan bijak dan prioritaskan kinerja Anda.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://smallbusiness.chron.com)